Profil Penyanyi Anison ASCA yang Debut dengan Lagu ED Anime ‘Fate/Apocrypha’

210
ASCA

Seorang penyanyi-penulis lagu asal Jepang bernama ASCA. Ketika masih di sekolah menengah, ia mengikuti audisi musik yang terbatas pada lagu anime “5th Animax Anison Grand Prix” dengan nama Asuka Okura (大倉明日香) dan menarik perhatian setelah menjadi salah satu dari 3 orang finalis di antara lebih dari 10.000 peserta.

Lahir pada 9 Septemer 1996, di Prefektur Aichi. Sejak masih duduk di bangku sekolah dasar, ia mulai suka bernyanyi dan mendengarkan lagu-lagu dari penyanyi solo wanita. Dia yang sering tidak bisa menyelesaikan banyak pekerjaan di rumah, tetapi saat terlihat menyanyikan lagu orang tuanya memujinya karena bernyanyi dengan bagus. Ketika mulai memikirkan apa yang bisa dilakukan untuk orang lain di masa depan, pada akhirnya ia tidak punya pilihan lain selain bernyanyi dan tertarik menjadi seorang penyanyi.

Ketika berada di sekolah menengah, ia mulai menghadiri kelas musik tempat kakaknya belajar alat-alat musik. Dia juga kemudian membentuk sebuah band rock wanita di mana ia bertanggung jawab sebagai vokalis dan menyanyikan lagu-lagu cover dari band SCANDAL.

Di tahun ketiga sekolah menengah, ia berpartisipasi dalam audisi musik khusus lagu anime “5th Animax Anison Grand Prix” yang pemenangnya akan mendapatkan hak melakukan debut dengan membawakan lagu tema anime yang disiarkan di TV Animax.

Asuka yang berhasil menyelesaikan babak final audisi yang diadakan di Tokyo, medapatkan kesempatan untuk melakukan sebuah kegiatan sebagai seorang musisi profesional dengan kontrak satu tahun dan sebelum kontrak berakhir, ia mendapatkan debut CD “Prime number ~Kimi to Deaeru Hi~ (Prime number~君と出会える日~)” yang digunakan sebagai lagu tema opening kedua untuk serial anime Sakurasou no Pet na Kanojo.

Setelah menyelesaikan kontrak, ia kembali ke tempat kelahirannya dan melanjutkan aktivitas musik secara indie. Dia aktif mengadakan pertunjukan langsung jalanan yang berpusat di Kota Nagoya selama sekitar satu setengah tahun sampai ia melakukan debut resminya. Dia juga merilis mini album “DAYS” secara eksklusif di iTunes pada tahun 2016.

Asuka kembali ke Tokyo pada tahun 2017 setelah terpilih dalam proyek penyanyi baru Sony Music dengan nama ASCA dan merilis lagu orisinal pertamanya “RUST” di majalah musik anime LisAni!. Dia kemudian membuat debut major-nya dengan single pertamanya “KOE” yang menjadi lagu tema ending untuk serial anime Fate/Apocrypha.

Sejak itu, ASCA bertanggung jawab atas lagu tema untuk berbagai karya anime terkenal seperti Sword Art Online dan Mahouka Koukou no Rettousei. Dan pada tahun 2019 merilis studio album pertamanya Hyakka Ryouran yang diproduksi oleh nama-nama terkenal seperti Mao Abe, Yuki Kajiura, dan Hiroyuki Sawano.

Diskografi dari karya ASCA sejauh ini

<Album>
[2019.11.06] Hyakka Ryouran (百歌繚乱)
[2021.01.27] Hyakki Yakou (百希夜行)

<Single>
[2017.11.22] KOE
[2018.02.21] PLEDGE
[2018.05.09] Rin (凛)
[2019.02.27] RESISTER
[2019.09.04] RUST / Hibari / Koubou (RUST / 雲雀 / 光芒)
[2020.02.26] CHAIN
[2020.05.27] Libra (天秤-Libra-) (Takanori Nishikawa + ASCA
[2020.11.04] Howling
[2021.06.02] Carpe Diem / Villain (カルペディエム / ヴィラン)

■Tautan yang terhubung
Website: http://www.asca-official.com/
Facebook: https://www.facebook.com/ASCA-155744641648260/
Twitter: https://twitter.com/ASCA_and_staff
Instagram: https://www.instagram.com/asca_jp/
YouTube: https://youtube.com/@ascaSMEJ