Pesona lagu Aimer ‘Zankyou Sanka’ dan ‘Asa ga Kuru’ dalam Cerita Baru Anime TV ‘Kimetsu no Yaiba’

540
Aimer promosi ‘Zankyou Sanka / Asa ga Kuru’ (2022)

Aimer, seorang penyanyi-penulis lagu wanita asal Jepang. Pada usia 15 tahun, ia mengalami kecelakaan di mana ia tiba-tiba kehilangan suaranya karena terlalu sering menggunakan tenggorokannya saat bernyanyi dan setelah beberapa tahun masa pemulihan, ia mendapatkan suara nyanyian serak dan manis yang unik. Melakukan debut majornya pada tahun 2011 dengan single pertamanya “Rokutouseino Yoru”. Sejak itu, ia aktif berkolaborasi dengan Hiroyuki Sawano dan Yoko Kanno serta memperluas kerjasama sebagai pendukung untuk ONE OK ROCK.

Pada 14 April tahun ini, full album keenamnya Walpurgis dirilis dan mencatat di berbagai tangga album Billboard JAPAN (Hot Albums, Download Albums, dan Top Albums Sales), dan Aimer untuk pertama kalinya memenangkan peringkat pertama dalam semuanya serta mencatatkan triple crown pertamanya.

Di bulan September, Aimer merayakan 10 tahun debutnya dan perhatian difokuskan pada kegiatan lebih lanjut di masa depan. Setelah produksi anime TV Kimetsu no Yaiba: Yuukaku-hen oleh ufotable diumumkan, Aimer terpilih untuk bertanggung jawab atas lagu tema untuk serial anime tersebut.

Kimetsu no Yaiba: Yuukaku-hen merupakan sekuel dari anime Kimetsu no Yaiba: Mugen Train yang versi filmnya menjadi fenomena sosial pada tahun lalu dan mencatatkan pendapatan box office tertinggi di Jepang. Edisi Yuukaku kali ini menggambarkan misi selanjutnya dari Tanjiro dan lainnya yang telah menyelesaikan misi mereka di Mugen Train. Bersama dengan salah satu pendekar pedang peringkat tertinggi di Demon Slayer corps, Tengen Uzui, mereka menuju ke distrik hiburan tempat tinggal iblis dan pertempuran baru dimulai.

Setelah episode pertama dari anime TV Kimetsu no Yaiba: Yuukaku-hen disiarkan, lagu tema opening “Zankyou Sanka (残響散歌)” dirilis secara digital pada 6 Desember dan berhasil memenangkan peringkat pertama di tangga lagu digital mingguan Oricon. Jumlah unduhan di minggu pertama sebanyak 93.000 yang mana telah melampaui 89.000 unduhan dari “Pale Blue” karya Kenshi Yonezu yang sebelumnya tercatat sebagai lagu dengan jumlah unduhan tertinggi di minggu pertam tahun ini. Ia juga mencatat peringkat pertama di berbagai tangga lagu seperti iTunes, RecoChoku, mora, dan LINE MUSIC. Mencapai 48 mahkota lebih banyak dari karya Aimer sebelumnya “SPARK-AGAIN” yang mencatatkan 20 mahkota.

“Zankyo Sanka” ditulis sendiri oleh Aimer dengan nama penanya aimerrhythm dan diproduksi oleh Masahiro Tobinai yang telah bekerja sama dengan Aimer sejak debutnya. Ini adalah Lagu yang penuh dengan kecepatan sejak intro di mana melodi kuat Aimer digerakkan dengan piano dan terompet yang indah.

Meskipun memiliki nuansa yang menggembirakan tetapi perasaan yang muncul adalah gambaran malam berkilauan yang mengingatkan pada distrik hiburan yang merupakan panggung animenya, di mana kesombongan dan keserakahan, cinta dan kebencian berputar-putar menurut salah satu karakter utama, Tengen Uzui. Lirik yang ditulis oleh Aimer juga memberikan gambaran sekilas tentang kepribadian Uzui yang dikenal sebagai pillar musik yang memiliki kebiasaan mengatakan Hade.

Selain itu, video musik “Zankyo Sanka” yang disutradarai oleh Yasuhiro Arafune memperlihatkan suasana kota malam yang penuh dengan perasaan Asia yang vulgar, dan seperti gambaran dari distrik hiburan dalam bentuk live-action. MV tersebut sendiri telah melampaui 130 juta penayangan di YouTube dan popularitas terus meningkat sejak perilisan lagunya.

Lagu tema ending “Asa ga Kuru (朝が来る)” dirilis secara digital pada 9 Januari bersamaan dengan penayangan episode keenam dari animenya. Ini adalah lagu ballad yang penuh dengan kesan dramatis, ditulis dan diproduksi oleh Yuki Kajiura yang telah mengerjakan banyak lagu untuk Aimer.

Video musik untuk “Asa ga Kuru” tayang perdana di channel YouTube Resmi Aimer pada pukul 24:00 malam di hari yang sama dengan perilisan digital. MV-nya diproduksi bersama oleh Takahiro Miki, seorang sutradara film dan MV yang telah mengerjakan karya untuk banyak artis, dan Hidejin Kato, seorang yang banyak aktif dalam video musik, iklan, dan film.

Setelah perilisan digital lagu “Zankyou Sanka” dan “Asa ga Kuru” keduanya dirilis sebagai single ke-20 Aimer oleh label SACRA MUSIC pada 12 Januari 2022. Ada tiga jenis penjualan CD termasuk versi edisi terbatas yang dilengkapi dengan DVD dari rekaman video musik untuk kedua lagu tersebut yang lelah lebih dulu di posting di YouTube.