Mengulas Anime ‘Highschool of the Dead’, Ketika Siswa Sekolah Menengah Harus Melawan Serangan Zombie

430
Visual anime TV ‘Highschool of the Dead’

Highschool of the Dead (学園黙示録 HIGHSCHOOL OF THE DEAD) atau judul singkatnya H.O.T.D. adalah manga Jepang yang ditulis oleh Daisuke Sato dan digambar oleh Shoji Sato. Diserialkan mulai September 2006 di majalah manga bulanan Monthly Dragon Age yang diterbitkan oleh KADOKAWA. Sejak penulis aslinya Daisuke Sato meninggal dunia pada tahun 2017, manga ini telah dihentikan pada volume 7. Meskipun banyak penggemar yang memiliki keinginan kuat supaya manga tersebut bisa dilanjutkan kembali, tetapi untuk menghormati penulis aslinya yang telah mengerjakan dengan sungguh-sungguh, dikatakan bahwa pihak ketiga tidak dapat dengan mudah untuk membuat kelanjutannya. Anime TV sebanyak 12 episode disiarkan di AT-X dan lainnya dari Juli hingga September 2010, dan episode tambahan Drifters of the DEAD dirilis sebagai OVA pada 26 April 2011. Studio animasi MADHOUSE dari anime TV DEATH NOTE bertanggung jawab atas produksi animenya.

Kisah yang menggambarkan di mana sekolah menengah yang tenang seketika berubah menjadi mencekam dan penuh kematian. Karakter yang bertahan hidup mencoba selamat dari krisis yang menimpa mereka satu demi satu dengan latar belakang film panik yang benar-benar mengubah kehidupan normal sehari-hari. Selain ancaman mayat hidup yang muncul dalam cerita, perselisihan antar karakter juga semakin meningkatkan ketegangan. Meskipun dalam situasi yang kejam, tetapi banyak adegan erotis oleh beberapa karakter wanita, tambahan pemanis tersebut digambar oleh Shoji Sato, seorang mangaka yang memulai manganya sendiri Triage X pada tahun 2009.

Cerita dimulai ketika dunia tiba-tiba dilanda pandemi mematikan yang mengubah manusia menjadi zombie. Seorang siswa di Akademi Fujimi bernama Takashi menyaksikan guru di digigit di gerbang sekolah. Segera setelah itu, situasi menjadi panik dan siswa yang menjadi mayat hidup terus betambah.

Takashi bersama teman masa kecilnya Rei dan sahabatnya Hisashi melarikan diri ke atap gedung sekolah. Namun mereka berhadapan dengan guru yang telah berubah menjadi zombie, Hisashi yang mencoba melawan zombie tersebut tergigit di tangan dan tidak selamat. Takashi yang melihat Hisashi telah kehilangan kesadarannya tidak punya pilhan lain selain membunuhnya, dihadapan Rei.

Setelah berhasil melarikan dari kerumunan zombie di atap gedung sekolah, Takashi dan Rei segera bergabung dengan siswa lain yang masih bertahan hidup, Saeko, Hirano, Takagi, dan Shizuka. Mereka bekerja sama melawan para zombie untuk keluar dari sekolah dan mencari tempat yang aman.

Apakah mereka punya cara untuk bertahan hidup?

Karakter

Takashi Komuro (CV. Junichi Suwabe)

Karakter utama dari karya ini. Seorang siswa tahun kedua di Akademi Fujimi. Karakter yang paling umum dan biasa dalam kelompok yang mencoba bertahan hidup. Di awal cerita, Takashi memiliki perasaan terhadap Rei, tetapi sejak pertengahan cerita muncul perasaan terhadap Saeko, dan ia memilih untuk tidak menjalin hubungan dengan keduanya.

Rei Miyamoto (CV. Marina Inoue)

Salah satu heroine. Seorang siswa tahun kedua di Akademi Fujimi. Ciri khasnya adalah rambut coklat panjang. Dia adalah teman masa kecil Takashi sejak taman kanak-kanak. Setelah kematian kekasihnya, Hisashi, ia mulai tertarik pada Takashi, namun mereka memiliki hubungan yang rumit setelah jarak antara Takashi dan Saeko semakin dekat.

Rei digambarkan sebagai anti-heroine dalam karya ini dikarenakan terkadang menggunakan kata-kata kasar dan transparan, seperti dalam awal cerita ketika Takashi membunuh kekasihya yang telah menjadi zombie, ia dengan kasar merendahkan Takashi, tetapi ketika Takashi mencoba meninggalkannya, ia dengan putus asa mencegah dan ingin tetap bersama.

Saeko Busujima (CV. Miyuki Sawashiro)

Salah satu heroine. Seorang siswa tahun ketiga di Akademi Fujimi. Seorang wanita yang bermartabat dengan rambut hitam panjang. Ketua klub kendo yang menjuarai turnamen nasional. Karena prestasinya itu namanya dikenal luas di sekolah. Sikapnya selalu tenang dan memiliki kekuatan bertarung tertinggi di antara karakter lain. Setelah terpisah dengan kelompok dan hanya Takashi yang bersamanya, Saeko secara bertahap tertarik pada kepribadian Takashi dan menjadi saingan cinta Rei.

Saya Takagi (CV. Eri Kitamura)

Salah satu heroine. Seorang gadis berkacamata, bergaya twintail, dan gadis yang jenius. Dia adalah teman masa kecil Takashi sejak taman kanak-kanak sama seperti Rei. Di awal cerita, ia diam-diam tertarik dengan Takashi, tetapi menganggapnya tidak lebih dari teman masa kecil. Dia adalah anak dari keluarga bangsawan dan rumahnya menjadi tempat perlindungan di akhir cerita animenya. Namun hancur setelah zombie menerobos gerbang.

Kouta Hirano (CV. Nobuyuki Hiyama)

Teman sekelas Takashi. Seorang laki-laki yang tenang, tetapi ketika memegang senjata api, ia seketika berubah menjadi kepribadian yang agresif. Dia memiliki pengalaman pelatihan militer di perusahaan Blackwater di Amerika Serikat. Oleh karena itu, ia memiliki pengetahuan terkait militer, mengetahui jenis-jenis senjata api, dan kemampuan menembak yang tinggi.

Shizuka Marikawa (CV. Yukari Fukui)

Salah satu heroine. Seorang dokter dari rumah sakit universitas yang dikirim untuk sementara di Akademi Fujimi. Seorang wanita dewasa dengan payudara besar dan rambut panjang. Karena satu-satunya yang memiliki SIM, Shizuka aktif sebagai pengemudi mobil dalam kelompok.

Alice Maresato (CV. Ayana Taketatsu)

Seorang gadis kecil yang melarikan diri dengan ayahnya. Ketika mencoba masuk ke dalam rumah untuk berlindung dari zombie, ayahnya dibunuh di depannya. Setelah itu, Alice diselamatkan oleh Takashi dan bergabung dengan kelompok.

Lagu tema

Lagu opening adalah “HIGHSCHOOL OF THE DEAD” judul yang sama dengan animenya. Itu dibawakan oleh band rock KISIDA KYODAN & THE AKEBOSI ROCKETS dan lagu opening tersebut dirilis sebagai CD single pertama mereka pada 18 Agustus 2010.

Lagu ending dibawakan oleh penyanyi wanita Maon Kurosaki. Setiap episode memiliki lagu ending yang berbeda dan semua lagunya disertakan dalam album debut Maon Kurosaki H.O.T.D. yang dirilis pada 22 September 2010.

Jika dilihat-lihat semua lagu tema dari judul sampai isi yang terkandung dalam lagu sepertinya memiliki keterikatan langsung dengan karya animenya.

■Tautan yang terhubung
Website: https://www.nbcuni.co.jp/rondorobe/anime/hotd/