Profil Penyanyi Lagu ‘Kimi no Namae’ Chiai Fujikawa yang Mantan Idol Maneki Kecak

602
Chiai Fujikawa

Lahir 6 Juni 1995 di Kota Ibara, Prefektur Okayama. Seorang penyanyi-penulis lagu asal Jepang yang bernyanyi tentang segala hal mulai dari perasaan depresi dan konflik sehari-hari hingga cinta dengan perspektif yang unik. Namanya adalah Chiai Fujikawa (藤川千愛 Fujikawa Chiai). Dia membuat debut sebagai penyanyi solo di sebuah konser akustik yang diadakan pada bulan November 2018. Full album pertamanya Laika yang dirilis tahun 2019 berhasil mencatatkan tempat ke-2 di peringkat album iTunes, peringkat pertama di tangga album harian Oricon, dan peringkat ke-7 di tangga album mingguan Billboard JAPAN.

Dikarenakan sejak kecil mempunyai impian untuk menjadi seorang penyanyi, ia pindah dari kampung halaman ke Kota Tokyo setelah lulus dari sekolah menengah. Sambil bekerja di sebuah pabrik pembuatan suku cadang kendaraan, ia terus mencoba mengejar impiannya itu.

Sampai pada suatu titik, ia menemukan sebuah audisi pencarian bakat dari Japan Twintail Association saat sedang membaca majalah. Chiai yang berpikir mungkin bisa menjadi penyanyi di sini, mengikuti audis dan dalam penampilan di audisi, ia menunjukan bakatnya dengan menyanyikan sebuah lagu yang segera menarik perhatian Kan Furuya selaku produser dari Japan Twintail Association dan Chiai menjadi salah satu peserta yang lulus audisi.

Setelah menjadi milik Japan Twintail Association, ia mendapatkan tiga opsi untuk debut, apakah secara solo atau sebagai grup idol, atau membuat debut sebagai duo. Setelah melakukan berbagai pembicaraan dengan para staf, Kan Furuya memutuskan untuk debut Chiai sebagai idol grup.

Awalnya Chiai sendiri tidak tertarik dengan pekerjaan sebagai seorang idol karena mempunyai kesan bahwa citra idol yang tampil bernyanyi dengan menyamakan suara lagu yang diputar atau lip sync tidak cocok untuknya yang ingin bernyanyi secara langsung. Namun Kan Furuya menjelaskan bahwa idol dari Japan Twintail Association bernyanyi 100% secara live dan tidak pernah melakukan lip sync saat pertunjukan, dan akhirnya Chiai melakukan debut sebagai anggota grup idol Maneki Kecak pada tahun 2015.

Hingga tahun 2018, ia mendapatkan kelulusan dari Maneki Kecak sesudah menyelesaikan konser di panggung Nippon Budokan. Setelah tidak lagi berstatus idol, ia segera mengadakan sebuah konser solo bertajuk Chiai Fujikawa ACOUSTIC JAM yang menampilan dirinya bernyanyi sambil memainkan gitar akustik dan ia secara resmi debut sebagai penyanyi solo dalam konser itu.

Kehadirannya sebagai penyanyi solo dimulai dengan merilis lagu secara digital selama 3 minggu berturut-turut hingga “Kimi no Namae” yang menjadi topik hangat sebagai lagu tema ending untuk serial anime Tate no Yuusha no Nariagari. Dia kemudian merilis album penuh pertamanya Laika dari label NIPPON COLUMBIA pada Mei 2019 yang sukses mencatatkan namanya di berbagai tangga musik di awal perilisan.

Pada tahun 2020, ia merilis dua album penuh sekaligus Ai wa Headphone Kara dan HiKiKoMoRi, dan ia juga berpartisipasi dalam album penghormatan band rock BUCK-TICK “PARADE III -RESPECTIVE TRACKS OF BUCK-TICK-“ dan meningkatkan kemampuan bernyanyinya melalui berbagai interaksi dengan orang-orang dari dunia musik domestik.

Bersamaan dengan karier solonya, mulai tahun 2021 ia juga mengembangkan aktivitas di band rock PhatSlimNevaeh sebagai vokalis dan pemain gitar yang menggunkan nama Roku.

Diskografi dari karya Chiai Fujikawa sejauh ini

<Album>
[2019.05.07] Laika (ライカ)
[2020.04.08] Ai wa Headphone Kara (愛はヘッドフォンから)
[2020.11.24] HiKiKoMoRi

<Digital single>
[2018.12.17] Katte ni Hitori de Dokidoki Sunna yo (勝手にひとりでドキドキすんなよ)
[2018.12.24] Yume Nanka Ja Meshi wa Kuenai to Dareka no Sei ni Shite (夢なんかじゃ飯は喰えないと誰かのせいにして)
[2018.12.31] Kimi no Namae (きみの名前)
[2019.11.11] Hikiyoserarete Yume wo Miru (引き寄せられて夢を見る)
[2019.12.20] Omajinai (おまじない)
[2020.01.03] Watashi ni mo Sonna Aniki ga (私にもそんな兄貴が)
[2020.02.07] Anata wo Kirai ni Naremashita (あなたを嫌いになれました)
[2020.10.30] Bakemono to Yobarete (バケモノと呼ばれて)
[2021.06.02] Katappono Earring (片っぽのピアス)

■Tautan yang terhubung
Website: https://fujikawachiai.com/
Facebook: https://www.facebook.com/FujikawaChiai.Official/
Twitter: https://twitter.com/fujikawachiai
Instagram: https://www.instagram.com/fujikawa_chiai/
TikTok:
YouTube: https://youtube.com/@fujikawa_chiai