Kisah Gadis Cantik Menjadi Zombie dalam Anime TV ‘Sankarea’

512
Visual anime TV ‘Sankarea’

Sankarea (さんかれあ) adalah manga komedi romantis yang sedikit horor karya Mitsuru Hattori. Diserialkan dari Januari 2010 hingga Oktober 2014 (total ada 11 volume) di majalah manga bulanan Bessatsu Shonen Magazine yang diterbitkan oleh Kodansha. Adaptasi anime TV sebanyak 12 episode disiarkan di TBS dan lainnya dari April hingga Juni 2012, dan 3 episode tambahan dirilis sebagai OVA. Karya ini merupakan manga kedua Hattori yang dibuat menjadi anime setelah Kenko Zenrakei Suieibu Umisho pada tahun 2007. Karya animenya dikerjakan oleh perusahan animasi Studio DEEN yang juga telah banyak menghasilkan genre horor yang lucu.

Ini adalah kisah tentang orang yang telah mati dihidupkan kembali menjadi zombie. Namun berbeda dengan zombie yang muncul di film-film Hollywood, tidak ada kasus zombie mengigit orang dan menjadi zombie atau adegan kekerasan yang berdarah-darah. Dalam kasus ini, hanya seorang gadis bernama Rea yang mati dihidupkan kembali dengan ramuan misterius. Tubuh yang dihidupkan kembali memiliki efek unik yang menghilangkan rasa sakit dan mengeluarkan kemampuan fisik tubuh lebih dari orang biasa. Meskipun telah menjadi mayat hdup, tetapi Rea tetap mempertahankan ingatan dan semangat yang hampir sama seperti ketika masih hidup, dan untuk mencegah tubuh membusuk, ia hanya memakan daun hydrange.

Ceritanya dimulai dari seorang siswa sekolah menengah bernama Chihiro yang sangat menyukai berbagai hal tentang zombie. Suatu hari, ia melihat kucingnya yang bernama Babu mati tertabrak mobil dan Chihiro yang tidak bisa menerimanya mencoba untuk menghidupkan kembali dengan membuat ramuan yang berdasarkan buku kuno.

Di suatu malam di sebuah gedung yang tidak terpakai, ketika Chihiro mencoba untuk menghidupkan Babu, ia bertemu dengan Rea, seorang gadis yang frustasi dengan kehidupannya dan melampiaskan kekesalan terhadap ayahnya ke dalam sumur tua. Rea yang tertarik dengan Chihiro mencoba untuk membantu menghidupkan Babu. Ayah Rea yang mengetahui bahwa Rea keluar di tengah malam menguncinya di dalam rumah. Rea yang sedih terus meminum ramuan untuk menghidupkan Babu yang di bawa secara diam-diam dan mengharapkan memiliki efek kebalikan.

Keesokan paginya, Rea yang melarikan diri dari rumah jatuh dari tebing dan mati. Chihiro yang menyaksikan situasinya mencoba mendekat dan Rea yang penuh dengan darah hidup kembali sebagai zombie.

Kisah cinta remaja yang berubah menjadi zombie, lahir di sini!

Karakter

Rea Sanka (CV. Maaya Uchida)

Seorang putri dari keluarga bangsawan dan bersekolah di akademi khusus wanita. Dia tertarik dengan Chihiro setelah melihatnya mencoba menghidupkan kembali kucingnya yang sudah mati bernama Babu. Setelah diam-diam meminum ramuan yang sama dengan Babu, ia jatuh dari tebing dan mati, dan hidup kembali menjadi zombie. Sejak saat itu, ia tinggal di rumah Chihiro dan kembali ke sekolah seperti biasa.

Setelah menjadi zombie, warna matanya berubah menjadi merah, dan memperoleh kemampuan fisik yang melebihi orang biasa. Dia menggunakan keterampilan menjahit yang dipelajari di sekolah untuk memperbaiki luka di tubuhnya saat jatuh dari tebing. Rea memiliki kepribadian yang baik dan rendah hati bahkan setelah menjadi zombie.

Chihiro Furuya (CV. Ryouhei Kimura)

Seorang siswa sekolah menengah. Ciri khasnya adalah gaya rambut berantakan yang berbentuk seperti telinga kucing. Dia adalah maniak sesuatu tentang zombie dan bermimpi memiliki kekasih gadis zombie, tetapi juga sadar bahwa mimpinya seperti itu tidak umum. Setelah kucingnya Babu mati dalam kecelakaan, ia meneliti cara menghidupakn kembali seperti zombie, dan membuat ramuan sendiri berdasarkan buku kuno. Meskipun terlihat lemah. tetapi Chihiro memiliki kepribadian yang bersemangat dan tidak keberatan mempertaruhkan dirinya sendiri untuk melindungi Rea dan Babu.

Ranko Saouji (CV. Sayuri Yahagi)

Sepupu dan teman masa kecil Chihiro dan bersekolah yang sama dengan Rea. Lebih dikenal dengan nama panggilan Wanko. Dia tergabung dalam klub tenis dan rumah orang tuanya adalah restoran kaiseki, tetapi ia tidak pandai memasak. Dia memiliki kepribadian yang energik dan perhatian, dan sering mengunjungi keluarga Furuya untuk merawat mereka. Dia dengan terus terang mengungkapkan perasaannya sendiri sambil merasakan perasaan Chihiro, tetapi hubungannya hanya sebatas teman masa kecil.

Ketika Wanko masuk ke kamar Chihiro untuk meminjam DVD zombie, ia di serang oleh Rea yang kehilangan kesadaran dan mengetahui rahasia Chihiro. Setelah itu, ia semakin mengkhawatirkan Chihiro dan mengakui Rea sebagai saingan dalam cinta, namun mengakui kepribadian Rea dan ingin mendukungnya sebagai teman, sehingga perasaannya campur aduk.

Mero Furuya (CV. Yuka Iguchi)

Adik perempuan Chihiro. 12 tahun. Dia memiliki kepribadian yang tenang dengan nada dewasa dan tegas, dan ia mengatur semua pekerjaan rumah tangga keluarga Furuya. Meskipun tidak banyak menunjukkannya, ia tampaknya menyukai hal gaib dengan cara yang sedikit berbeda dari saudaranya.

Lagu tema

nano.RIPE, band rock beranggotakan dua orang Kimiko dan Jun Sasaki, bertanggung jawab atas lagu tema opening “Esoragoto” yang dirilis sebagai single ketujuh mereka pada 25 April 2012. “Esoragoto” adalah lagu rock yang ringan dan liriknya begitu dalam sehingga membuat imajinasi dengan berbagai cara layaknya sebuah novel.

Annabel, seorang penyanyi wanita Jepang yang lahir di Buenos Aires, Argentina, bertanggung jawab atas lagu tema ending “Above your hand” yang dirilis sebagai single keempatnya pada 23 Mei 2012. “Above your hand” adalah lagu berkualitas tinggi yang menampilkan musikalitas tinggi Annabel, dengan suara jernih yang menyembunyikan kesedihan seperti sebuah puisi.

■Tautan yang terhubung
Website: https://www.tbs.co.jp/anime/sankarea/
Twitter: https://twitter.com/anime_sankarea