Tentang ‘Death Note’, Sebuah Buku yang Menyebabkan Insiden dan Kejahatan

321
Visual aaime TV ‘Death Note’

Death Note adalah manga Jepang yang ditulis oleh Tsugumi Ohba dan digambar Takeshi Obata. Diserialkan dari Desember 2003 hingga Mei 2006 (Total ada 12 volume) di majalah manga Weekly Shonen Jump yang diterbitkan oleh perusahaan penerbit Shueisha. Hingga September 2015, total penjualan di seluruh dunia telah mencapai 30 juta eksemplar, sehingga membuatnya menjadi salah satu manga terlaris di dunia. Adaptasi anime TV disiarkan sebanyak 37 episode di Nippon Television dan lainnya dari 3 Oktober 2006 hingga 26 Juni 2007. Animenya diproduksi oleh MADHOUSE, studio animasi di balik karya populer NANA.

Ceritanya berpusat pada sebuah buku catatan kematian yang dinamakan Death Note. Buku tersebut dijatuhkan oleh Shinigami, sebutan untuk mahkluk halus yang berasal dari dunia kematian. Sepintas memang terlihat seperti buku catatan ukuran A4 biasa dengan sampul hitam, tetapi jika menulis nama seseorang di atas kertasnya, orang itu akan mati. Penyebab kematian pada dasarnya adalah serangan jantung, tetapi bisa diubah sesuka hati jika menambahakan keterangan penyebab kematiannya.

Meskipun penggunaannya terlihat mudah, namun seseorang yang menulis di Death Note harus mengetahui wajah dan nama asli si target, sehingga orang dengan nama yang sama tidak akan mati. Nama seseorang yang telah ditulis tidak bisa dihapus atau dicoret dan kematian tidak dapat dibatalkan dengan cara apapun. Pembunuhan juga bisa dilakukan dengan sobekan kertas halaman yang dipotong dari Death Note, selama dalam jarak di mana setiap target dapat ditulis dengan jelas.

Awalnya Death Note adalah alat yang digunakan oleh Shinigami di dunianya untuk bertahan hidup dengan menuliskan nama manusia di atasnya, mereka mengambil sisa umur target dan menambahkan ke umur mereka sendiri. Jika manusia memiliki Death Note maka Shinigami pemilik buku harus mengikutinya sampai mati, dan pada akhirnya manusia yang memiliki Death Note akan dibunuh oleh Shinigami sendiri dengan menuliskan namanya di Death Note.

Cerita Death Note berpusat pada sang karakter utama yang seorang laki-laki bernama Light Yagami, bersama dengan Shinigami yang dipanggil dengan nama Ryuk.

Shinigami adalah makhluk halus yang hidup di dunia yang sunyi dalam dimensi yang berbeda dari dunia tempat manusia hidup. Ia menggunakan Death Note untuk mengambil nyawa manusia dan menambahkan ke umur sendiri. Mereka terlihat seperti kerangka, dan biasanya tidak terlihat oleh mata biasa dan tidak dapat disentuh. Ryuk, salah satu Shinigami yang bosan dengan kehidupan dunianya sengaja menjatuhkan Death Note ke dunia manusia. Light, siswa sekolah menengah berbakat mengambil Death Note yang jatuh di dekat gedung sekolah tempatnya bersekolah.

Setelah memahami aturan yang diberlakukan pada buku tersebut, dan mengetahui kemampuan yang dapat menyebabkan kematian orang lain, Light mulai menjalankan keadilan yang ia yakini dan mewujudkan dunia baru tanpa penjahat, ia menuliskan nama-nama penjahat di seluruh dunia di Death Note dan menghukum para penjahat dengan membunuh mereka.

Perbuatan Light menyebar ke seluruh dunia, terutama melalui Internet dan memanggil penegak misterius dengan nama Kira. Menyadari kejahatan misterius yang dilakukan oleh Kira, organisasi kepolisian ICPO (International Criminal Police Organization) mulai mencari pelakunya, dan detektif misterius L yang merupakan satu-satunya orang yang dapat menggerakkan polisi di seluruh dunia bertanggung jawab atas kasus Kira. Investigasi dari L melihat Kira sebagai seorang siswa dengan pemikiran yang sangat cerdas dan dekat dengan seseorang yang memiliki informasi kepolisian.

Apakah Light=Kira benar-benar penyelamat yang menyelamatkan dunia? Atau pembunuh kejam?

Karakter

Light Yagami (CV. Mamoru Miyano)

Karakter utama dari karya ini. Lahir pada 28 Februari 1986. Dia adalah siswa sekolah menengah yang serius dengan rasa keadilan yang kuat, dan memiliki kecerdasan yang luar biasa seperti menacapai peringkat pertama dalam hasil ujian nasional dan menjadi siswa terbaik di universitas To-Oh yang dikatakan sebagai universitas terbaik di Jepang dalam karya ini. Di sisi lain, ia rentan terhadap situasi yang tidak diperhitungkan dan tidak terduga, dan dapat menjadi emosional dan marah saat rencananya gagal, tetapi tidak menunjukkan emosinya karena kepribadianya yang tenang dan kepercayaan diri yang tinggi.

Ayahnya adalah seorang polisi, Soichiro Yagami, yang juga tergabung dalam tim khusus penyelidikan kasus Kira. Meskipun memiliki hubungan dengan banyak wanita, tetapi ia tidak akan pernah jatuh cinta dengan seorang wanita dan memandang mereka hanya sebagai objek yang berguna.

Awalnya Light ingin menjadi seorang polisi seperti ayahnya yang dihormatinya, tetapi setelah menemukan Death Note yang dijatuhkan oleh Shinigami bernama Ryuk dan membunuh seseorang, ia mulai terobsesi untuk menciptakan dunia baru yang ideal tanpa penjahat dan menyebut dirinya sebagai Kira yang memerintah sebagai dewa dari dunia baru.

Dengan nama Kira, ia melakukan pembunuhan massal pada penjahat dengan menggunakan Death Note, dan secara bertahap berubah menjadi pembunuh psikopati yang tidak peduli dengan kehidupan manusia bahkan tidak segan-segan membunuh orang baik sekalipun demi melindungi diri. Pada dasarnya Kira mengacu pada karakter utama Light Yagami, namun kemudian muncul pengguna Death Note baru seperti Misa Amane dan Teru Mikami, dan sebagai hasilnya muncul kata turunan seperti Kira kedua dan X Kira.

L (CV. Kappei Yamaguchi)

Nama aslinya adalah L Lawliet. Lahir pada tahun 1979 dari Inggris. Dia fasih berbahasa Jepang, China, Inggris, Jerman, Perancis, dan Rusia, dan dapat dengan mudah berkomunikasi dengan pejabat kepolisian dari berbagai negara. Seorang detektif hebat yang telah memecahkan berbagai kasus paling rumit di dunia dan merupakan satu-satunya orang yang dapat menggerakkan kepolisian di seluruh dunia.

Ketika terlibat dalam pertempuran otak melawan seorang pembunuh bernama Kira yang memiliki buku catatan Shinigami, ia menggunakan nama samaran Ryuzaki, dan ketika masuk universitas To-Oh, ia menggunakan nama yang sama dengan artis populer dalam karya ini, Ryuga Hideki, sebagai nama samaran untuk memprovokasi Light Yagami yang menurutnya menjadi tersangka dalam kasus Kira tapi belum memiliki bukti yang kuat.

Sepintas ia terlihat seperti detektif yang santai, tetapi ia juga memiliki sisi aktif dan merupakan orang yang sangat teliti yang berusaha keras untuk menyelesaikan kasus dengan cara apa pun. Meskipun dikenal sebagai detektif terhebat di dunia, ia hanya bekerja untuk kasus-kasus yang disukainya. Di pertengahan cerita, namanya ditulis dalam Death Note oleh Shinigami bernama Rem dan L melihat senyum jahat Light Yagami di saat-saat terakhir dan menegaskan kembali dalam benaknya bahwa pikirannya tidak salah.

Misa Amane (CV. Aya Hirano)

Seorang model populer yang terkenal di majalah remaja. Lahir 25 Desember 1984. Usianya yang sebenarnya satu tahun lebih tua dari Light, tetapi ia memiliki sisi kekanak-kanakan dan lugu, dan rasa takut akan pembunuhan dan rasa bersalah karena melakukan kejahatan. Sebelum memiliki Death Note, diceritakan bahwa Shinigami bernama Jealous jatuh cinta pada Misa dan menyelamatkannya dari penguntit yang mencoba membunuhnya. Setelah kematian Jealous karena melanggar aturan Shinigami, buku Death Note yang tertinggal diambil oleh Shinigami yang memiliki kepribadian kasih sayang Rem dan diberikan kepada Misa.

Setelah pindah dari Kansai ke Tokyo, ia menyebabkan insiden sebagai Kira Kedua dan mencoba menghubungi Kira yang asli. Dia memilik mata Shinigami yang dapat melihat secara langsung umur dan nama target. Ketika bertemu Light untuk pertama kalinya, ia menceritakan masa lalu bahwa orang tuanya dibunuh oleh perampok setahun yang lalu dan tidak bisa memaafkannya. Setelah perampok tersebut menjadi daftar pembunuhan Kira, ia mulai mengagumi Kira dan jatuh cinta pada pandangan pertama pada Light yang menjadi Kira. Di manganya, Misa meninggal pada 14 Februari 2011 setelah kematian Light dan kasus Kira diselesaikan, di episode terakhir animenya diperlihatkan ia berdiri di atap gedung seperti sebuah adegan mencoba untuk bunuh diri.

Near (CV. Noriko Hidaka)

Nama aslinya adalah Nate River. Lahir pada tahun 1991. Seorang siswa terbaik di The Wammy’s House, panti asuhan untuk anak-anak berbakat dari seluruh dunia yang dibangun oleh Watari di Winchester, Inggris. Salah satu penerus L yang menyelidiki kasus Kira yang menggunakan Death Note untuk mengadili penjahat. Dia menjadi perwakilan dari organisasi yang dibentuk oleh Amerika Serikat SPK (Secret Provision for KIRA) untuk penyelidikan kasus Kira, dan orang yang mengungkap identitas asli Kira dan memecahkan kasus.

Dia memiliki ciri-ciri nyentrik yang mirip dengan L, seperti duduk dengan punggung bungkuk sambil memegang kakinya dan memainkan rambutnya. Dengan perawakan mungil, ia memiliki kepribadian yang tenang dan tanpa emosi, dan ia sangat malas bergerak, berbeda dengan Kandidat penerus L lainnya, Mello, yang berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, Near hampir tidak berpindah dari satu tempat.

Lagu tema

Untuk menggambarkan ceritanya yang kelam, lagu tema anime TV Death Note dibawakan oleh dua band rock yang dikenal karena pemapilan mereka yang kasar dan lirik lagunya yang kritis. Nightmare, band rock dari kota Sendai, bertanggung jawab atas lagu tema opening perrtama “the WORLD” dan lagu tema ending pertama “Alumina”. Maximum the Hormone, band rock beranggotakan empat orang, bertanggung jawab atas lagu tema opening kedua “What’s up,people?!” dan lagu tema ending kedua “Zetsubou Billy”.

Semua lagu dirilis oleh label yang sama VAP, dua lagu Nightmare dirilis sebagai single double A-side “the WORLD / Alumina” pada 18 Oktober 2006, dan dua lagu Maximum the Hormone merupakan lagu yang disertakan dalam album keempat mereka Bu Ikikaesu yang dirilis pada 14 Maret 2007.

■Tautan yang terhubung
Website: https://www.ntv.co.jp/deathnote/