‘Kimi no Na wa.’, Kisah Cinta Beda Kehidupan yang Penuh Keajaiban

928
Visual film anime ‘Kimi no Na wa.’

Kimi no Na wa. (Your Name.) adalah film anime Jepang tahun 2016 yang disutradarai dan ditulis oleh Makoto Shinkai, seorang sutradara film anime terkenal yang telah menciptakan banyak karya ambisius seperti 5 Centimeters per Second (2007) dan The Garden of Words (2013). Karya baru Makoto Shinkai adalah kisah cinta dan keajaiban antara anak laki-laki dan perempuan yang bertukar kehidupan dari dunia berbeda yang digambarkan dengan keindahan dan skala visual yang luar biasa.

Pengisi suara Ryunosuke Kamiki dan Mone Kamishiraishi bertanggung jawab untuk memainkan peran utama Taki dan Mitsuha. Pengarah animasinya adalah Masashi Ando, seorang animator senior yang bekerja untuk karya Hayao Miyazaki seperti Princess Mononoke (1997) dan Spirited Away (2001), dan desainer karakternya adalah Masayoshi Tanaka, seorang animator yang bertanggung jawab atas desain karakter untuk pertama kalinya di anime TV Katekyo Hitman REBORN! (2006-2010).

Kimi no Na wa. yang dirilis pada tahun 2016 telah menjadi fenomena sosial, dan menarik perhatian orang-orang dari semua generasi baik di dalam maupun luar negeri. Pendapatan box office di Jepang melebihi 25,03 miliar yen, dan menduduki peringkat kelima dalam peringkat film terlaris sepanjang sejarah yang dirilis di Jepang setelah Frozen (2014), Titanic (1997), Spirited Away (2001), dan Demon Slayer The Movie Mugen Train, yang mencatatkan tempat pertama dalam sejarah pada tahun 2020.

Karya ini tercipta setelah Makoto Shinkai mengunjungi wilayah pelabuhan Yuriage di Kota Natori, Prefektur Miyagi pada Juli 2011 setelah gempa bumi dan tsunami Jepang. Dikatakan bahwa tempat ini merupakan titik awal penulis memutuskan untuk membuat karya ini, Shinkai yang melihat keadaan kota tersebut yang menewaskan lebih dari 700 orang akibat tsunami, berpikir untuk membuat sebuah film tentang berpindah tempat yang dapat menyelamatkan dari bencana.

Temanya adalah aku mencarimu yang belum pernah kutemui, seorang laki-laki dan seorang perempuan yang tinggal di tempat yang jauh, belum pernah bertemu sebelumnya. Tema ini terinspirasi oleh anime pendek Cross Road yang disutradarai oleh Shinkai sendiri dan dibuat sebagai iklan untuk perusahaan pendidikan jarak jauh Z-KAI. Cross Road adalah cerita pendek tentang seorang laki-laki dan seorang perempuan yang tidak tahu apa-apa tentang satu sama lain bersinggungan tanpa disadari setelah mengikuti kursus di Z-KAI.

Kimi no Na wa. menggambarkan dua remaja yang tinggal di tempat yang berbeda jauh, mendapati diri mereka saling bertukar tubuh dan harus menjalani kehidupan yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Latar tempat utama adalah kota fiktif Itomori di Prefektur Gifu, tempat Mitsuha tinggal. Modelnya adalah Kota Hida, di mana Shinkai mengadakan kegiatan promosi dengan menjalin kerja sama dengan Kota Hida di awal perilisan film. Kota Hida adalah kota paling utara di Prefektur Gifu, sebagian besar wilayahnya adalah hutan dan gunung dengan ketinggian 1.000 meter atau lebih, dan dianggap sebagai tempat keramat.

Karena tidak ada bioskop di wilayah Hida, penduduk di wilayah tersebut tidak dapat melihat film ini kecuali mereka meninggalkan wilayahnya. Menyikapi hal tersebut, pada 6 November 2016 diadakan pemutaran perdana Kimi no Na wa. di Kota Hida di Hida City Cultural Communication Center, tetapi karena keterbatasan kapasitas banyak warga yang tetap tidak dapat menonton. Latar tempat kedua adalah Kota Tokyo, yang berpusat di Jingu Tokyo Metropolitan High School, sebuah sekolah menengah fiktif yang berlokasi di distrik Jingumae di Shibuya, tempat Taki bersekolah.

Setelah Kimi no Na wa. menjadi topik hangat, tempat-tempat yang digunakan sebagai model filmnya seperti perpustakaan Kota Hida, tempat Taki dan yang lainnya menyelidiki Itomori, dan tangga batu menuju Kuil Suga di Shinjuku, yang menjadi panggung utama di mana Mitsuha dan Taki bertemu lagi di akhir cerita, mendadak menjadi tempat wisata dan banyak penggemar yang berkunjung hanya untuk berfoto.

Tangga batu kuli Suga

Karakter

Taki Tachibana (CV. Ryunosuke Kamiki)

Karakter utama dari karya ini. Seorang siswa tahun kedua di SMA Jingu Tokyo Metropolitan yang tinggal di pusat Kota Tokyo. Berusia 17 tahun pada musim panas 2016, tiga tahun lebih muda dari Mitsuha. Dia pandai menggambar dan memiliki minat dalam arsitektur dan seni, dan menghabiskan hari-harinya dengan bahagia bersama teman-temannya dan bekerja paruh waktu sebagai pelayan di restoran Italia bernama IL GIARDINO DELLE PAROLE (Judul versi Italia dari karya Shinkai sebelumnya The Garden of Words). Dia diam-diam menyukai Miki Okudera, seorang senior di pekerjaan paruh waktu yang sama.

Pada hari bertukar badan dengan Mitsuha, Taki memiliki kebiasaan meremas payudaranya setiap kali bangun tidur, dan adik perempuannya Yotsuba, yang datang untuk membangunkan selalu melihatnya. Setelah tidak bisa bertukar badan dengan Mitsuha, ia mulai menacari tempat tinggalnya di Itomori, tetapi mengetahui fakta bahwa tempat tersebut telah hancur di hantam oleh pecahan Komet Tiamat, dan setelah mengungkap misteri di Itomori, Taki bersama Mitsuha seperti melakukan perjalanan waktu untuk mencegah bencana Komet Tiamat dan mengubah masa depan.

Mitsuha Miyamizu (CV. Mone Kamishiraishi)

Karakter utama dari karya ini. Seorang gadis sekolah menengah yang tinggal di sebuah kota pedesaan jauh di pegunungan bernama Itomori, Prefektur Gifu. Berusia 17 tahun pada musim panas 2013, tiga tahun lebih tua dari Taki, dan mereka memiliki ulang tahun yang sama pada 1 Desember. Setelah ibunya meninggal karena sakit dan ayahnya yang merupakan walikota telah meninggalkan rumah, ia tinggal bersama adik perempuan dan nenek di rumah kuil.

Dia merasa bosan dengan kehidupan pedesaan dan mendambakan kehidupan glamor di Tokyo, jadi ketika bertukar badan dengan Taki, ia merasa sangat senang dan sangat bersemangat menjalani kehidupan di Tokyo seperti yang diimpikan. Pada saat dirinya mengetahui bertukar badan dengan Taki, Mitsuha melakukan perjalanan jauh ke Tokyo untuk bertemu dengannya, tetapi setelah mengetahui bahwa Taki tidak mengenalnya, Mitsuha memotong rambutnya menjadi pendek setelah kembali ke Itomori.

Setelah berhasil menyelamatkan tempat tinggalnya dari bencana Komet Tiamat, Mitsuha kehilangan ingatannya tentang Taki dan kehidupan ketika di Tokyo. Beberapa tahun berlalu sejak meteorit jatuh di Kota Itomori, Mitsuha yang telah tumbuh dewasa pindah ke Tokyo, dan suatu pagi setelah hujan dengan bunga sakura mekar, Mitsuha dan Taki bersatu kembali ketika berjalan melewati tangga sebuah kuil di kawasan perumahan, dan saling menanyakan nama sambil menitikkan air mata.

Lagu tema

Musiknya diproduksi oleh RADWIMPS, band rock beranggotakan empat orang dengan Yojiro Noda sebagai vokalis dan penulis lagu. Shinkai yang menyukai RADWIMPS memintanya untuk bergabung dalam karya ini, dan RADWIMPS yang sedang mencari tantangan baru menanggapi permintaan tersebut dan memutuskan untuk bertanggung jawab atas semua musik dalam Kimi no Na wa..

Semua lagu termasuk 4 lagu tema “Dream Lantern”, “Zenzenzense”, “Sparkle”, dan “Nandemonaiya”, dan 22 BGM dirilis dalam album soundtrack Your Name oleh Universal Music pada 24 Agustus 2016. Album ini sukses memuncaki peringkat album mingguan Oricon selama dua minggu berturut-turut, dan 4 lagu tema ditulis dalam bahasa Inggris untuk dirilis sebagai CD “Your Name. English edition” pada 22 Februari 2017.

Anime Film ‘Kimi no Na wa.’

  • Judul Jepang: 君の名は。
  • Judul Inggris: Your Name.
  • Tanggal rilis: 26 Agustus 2016
  • Karya asli/Sutradara/Skenario: Makoto Shinkai
  • Pengarah animasi: Masashi Ando
  • Desain karakter: Masayoshi Tanaka
  • Musik: RADWIMPS
  • Produksi animasi: CoMix Wave
  • Situs resmi: www.kiminona.com
  • Twitter: @kiminona_movie

Sinopsis

Satu bulan sebelum Jepang mendapat kunjungan dari Komet Tiamat yang melintasi langit bumi setiap 1.000 tahun.

Mitsuha, seorang gadis sekolah menengah yang tinggal di kota pedesaan jauh di pegunungan, yang memiliki kepribadian yang patuh, tetapi mulai jenuh dengan kebiasaan kuil keluarganya dan kampanye pemilihan ayahnya. Dia meratapi kota kecil dan sempit, dan mendambakan kehidupan glamor di Tokyo. Suatu hari, Mitsuha bermimipi menjadi siswa laki-laki sekolah menengah di Tokyo, dan menikmati kehidupan kota yang selalu diimpikan.

Di sisi lain, Taki, seorang siswa sekolah menengah yang tinggal di pusat Tokyo, bermimpi aneh menjadi seorang gadis sekolah menengah yang tinggal di kota jauh di pegunungan. Tak lama kemudian, keduanya menyadari bahwa tubuh mereka saling bertukar dalam kehidupan nyata, bukan hanya mimpi. Mereka memutuskan untuk meninggalkan pesan satu sama lain, dan bekerja sama untuk mengatasi situasi tersebut. Namun, saat mereka saling terbuka satu sama lain, pertukaran tiba-tiba berhenti?