‘Angel Beats!’, Kisah Mengharukan di Dunia Setelah Kematian

438
Visual anime TV ‘Angel Beats!’

Angel Beats! adalah karya anime TV yang diproduksi oleh P.A.WORKS. Disiarkan dari 2 April hingga 25 Juni 2010, sebanyak 13 episode dan 2 episode tambahan dirilis sebagai OVA. Ini merupakan proyek bersama dari merek pembuat game Key, perusahaan produksi film Aniplex, majalah anime dan game Dengeki G’s Magazine, dan perusahaan produksi animasi P.A.WORKS. Cerita dan skenario ditangani oleh Jun Maeda, seorang penulis skenario game dan produser musik yang bekerja untuk karya game Key, yang identik dengan genre romansa dan mengharukan seperti CLANNAD dan Little Busters!. Meskipun pembuat game Key terlibat, Angel Beats! merupakan karya original anime yang tidak berdasarkan game. Selain itu, kesuksesan animenya membuat Angel Beats! berkembang dengan banyak karya turunan seperti game, manga, dan novel.

Sebuah kisah tentang dunia setelah kematian. Karena ini adalah alam baka, karakter yang memainkan peran penting tidak akan mati bahkan jika mereka melakukan tindakan yang bisa membunuhnya seperti tertusuk pedang atau jatuh dari gedung. Berlatarkan di sebuah sekolah bernama Tenjou Gakuen, yang ditempati oleh orang-orang yang mati di usia muda dan mati tanpa bisa mewujudkan keinginannya di masa muda. Mereka dikirim ke sekolah tersebut untuk menikmati masa mudanya dengan siswa dan guru tambahan yang disebut NPC. Selain itu, ceritanya seperti beradasarkan kepercayaan reinkarnasi, di mana orang yang telah mati akan dilahirkan kembali dalam kehidupan lain.

Karakter

Yuzuru Otonashi (CV. Hiroshi Kamiya)

Karakter utama dari karya ini. Seorang laki-laki yang telah menemui ajalnya karena suatu alasan. Dia mencapai dunia setelah kematian dengan kehilangan semua ingatan kecuali nama belakangnya, dan setengah dipaksa untuk bergabung dengan organisasi Shinda Sekai Sensen yang dipimpin oleh Yuri. Ketika merawat Kanade di rumah sakit, ia mendapatkan kembali semua ingatan tentang hidupnya dan menyadari bahwa tidak ada penyesalan atas kematiannya.

Setelah mengetahui bahwa dunia ini adalah dunia yang disiapkan untuk mereka yang tidak dapat menghabiskan masa mudanya dengan baik, Otonashi bersama dengan Kanade bekerja sama untuk mewujudkan keinginan anggota lain supaya bisa menghilang dengan kebahagiaan. Di episode terakhir setelah semua orang menghilang dan hanya tersisa Otonashi dan Kanade, Otonashi yang menyukai Kanade menyatakan cinta dan mengajaknya untuk tetap tinggal di dunia ini, tetapi Kanade menolak karena tujuannya berada di dunia ini adalah untuk berterima kasih kepada Otonashi yang telah menyelamatkan hidupnya dan Kanade menghilang. Namun, dalam credit scene sepertinya mereka berreinkarnasi di kehidupan lain dan saling bertemu.

Ketika masih hidup, Otonashi menghabiskan hari-harinya untuk merawat adik perempuannya Hatsune, yang berada di rumah sakit. Setelah kematian adik perempuannya, ia berusaha untuk menjadi dokter dengan harapan bisa menyelamatkan hidup orang lain, tetapi ia terjebak dalam kecelakaan kereta api dalam perjalanan ke tempat ujian masuk universitas, dan terperangkap di dalam sebuah terowongan. Ketika berpikir tidak akan selamat, ia membuat catatan untuk mendonorkan organnya, dan ia meninggal tepat sebelum tim penyelamat tiba.

Kanade Tachibana (CV. Kana Hanazawa)

Heroine utama dari karya ini. Ketua OSIS sekolah di dunia setelah kematian. Meski sering disebut Tenshi (Malaikat) oleh anggota SSS, ia sebenarnya adalah manusia biasa seperti lainnya. Seorang gadis yang mungil, pendiam, dan kurang ekspresi. Makanan kesukaannya adalah tahu mapo super pedas dari kantin sekolah.

Dia menggunakan perangkat lunak ANGEL PLAYER untuk membuat senjata yang dapat keluar dari tubuhnya, tetapi senjatanya tidak digunakan untuk menyerang, hanya untuk memberikan peringatan dan melindungi diri. Di episode terakhir, Kanade menghilang setelah berterima kasih kepada Otonashi, dan seorang gadis yang tampaknya merupakan reinkarnasi dari Kanade muncul bersama dengan Otonashi di credit scene.

Ketika masih hidup, Kanade menderita penyakit jantung dan bertahan hidup dengan transplantasi jantung Otonashi, tetapi ia tetap meninggal di usia muda. Latar belakang dan penyebab kematian tidak diketahui.

Yuri Nakamura (CV. Harumi Sakurai)

Seorang gadis yang membentuk organisasi bernama Shinda Sekai Sensen, biasa disingkat SSS. Dia memiliki kepribadian yang kuat dan tidak peduli dengan kesusahan anggotanya. Memiliki kemampuan bertarung dengan senjata api dan bertarung menggunakan pisau, kemampuannya biasa digunakan untuk bertarung satu lawan satu dengan Tenshi (Kanade). Anggota lain sering memanggilnya Yurippe, dan mereka sangat menghormatinya sehingga selalu patuh dengan perintahnya. Nama Yuri Nakamura diambil dari nama vokalis band beranggotkan empat orang GARNET CROW, nama panggilannya juga sama Yurippe, dan penulis asli Jun Maeda adalah penggemar GARNET CROW.

Ketika masih hidup, Yuri dibesarkan sebagai anak tertua dari empat bersaudara, tetapi saat orang tuanya pergi, semua saudara kandungnya dibunuh oleh seorang perampok yang masuk ke rumah mereka. Dia terus menerus merasa bersalah karena tidak bisa melindungi adik-adiknya. Selain itu, terungkap dalam versi game Angel Beats! -1st beat- bahwa Yuri tidak mati saat perampokan terjadi, dan penyebab kematiannya adalah karena kecelakaan.

Hideki Hinata (CV. Ryouhei Kimura)

Seorang pemuda yang ceria dan sedikit pemalas. Dia sangat baik kepada Otonashi sejak pertama bergabung, dan memperlakukannya seperti sahabat. Dia selalu bertengkar dengan Yui karena hal-hal sepele, tetapi semakin sering mereka bertengkar, semakin dekat hubungan mereka, dan di episode 10, Hinata menanggapi keingina Yui untuk menikah dan Yui menghilang dengan bahagia.

Ketika masih hidup, Hinata tergabung dalam klub bisbol, sebagai second baseman. Dalam episode pertandingan bisbol melawan tim Kanade, ada gambaran sebelum kematian bahwa timnya kalah dalam pertandingan bisbol karena kesalahannya sendiri yang tidak bisa menangkap bola, dan saat Hinata terpuruk karena merasa bersalah, seorang siswa senior menyarankan untuk memakai narkoba. Setelah itu, ia mengalami kecelakaan tertabrak truk dan meninggal.

Yui (CV. Eri Kitamura)

Seorang gadis penggemar berat Girls Dead Monster dan memainkan lagu-lagunya di pertunjukan live jalanan. Setelah menghilangnya Iwasawa, ia terpilih untuk menggantikannya sebagai vokalis dan gitaris Girls Dead Monster. Berlawanan dengan penampilannya yang imut, ia memakai aksesoris punk seperti borgol dan ekor iblis, dan memiliki kepribadian yang pemarah dan terkadang mengatakan kata-kata kasar. Meskipun terlihat temperamen, sebenarnya ia adalah gadis yang murni dan kesepian.

Secara khusus, Yui memiliki sifat yang saling berlawanan dan sering bertengkar dengan Hinata, tetapi lama kelamaan hubungan mereka semakin dekat. Ketika Otonashi berusaha untuk menghilangkannya, Yui mengatakan bahwa keinginan terakhirnya adalah menikah, Hinata yang tiba-tiba muncul menanggapi keinginannya dan Yui menghilang dengan bahagia.

Ketika masih hidup, Yui mengalami kecelakaan lalu lintas saat masih kecil, dan ia hanya bisa terbaring di tempat tidur karena efek samping dan dirawat oleh ibunya. Karena tidak bisa beraktivitas dan hanya bisa menonton TV, ia memiliki banyak keinginan jika pulih kembali seperti menjadi pemain gulat, bermain sepak bola dan bisbol, dan menjadi vokalis band. Penyebab kematiannya tidak diketahui.

Girls Dead Monster

Girls Dead Monster, umumnya dikenal sebagai Gldemo adalah girls band fiktif yang muncul dalam cerita Angel Beats!. Ini merupakan band yang dibentuk oleh organisasi SSS yang dipimpin oleh Yuri. Tujuan utamanya adalah untuk melakukan pertunjukan langsung saat melakukan operasi dan mengarahkan siswa biasa ke tempat yang aman. Selain itu, ia memiliki berbagai peran, seperti menarik perhatian Tenshi, dan tampil sendiri sebagai sinyal untuk memulai operasi.

Setelah Iwasawa sebagai vokalis Gldemo menghilang di episode 3, posisinya sebagai vokalis digantikan oleh Yui, dan setelah Yui menghilang di episode 10, anggota tersisa Hisako (Gitar), Irie (Drum), dan Sekine (Bass) memberi tahu Otonashi bahwa band telah menyelesaikan aktivitasnya dan mereka menghilang.

Selain itu, band Gldemo juga aktif di kehidupan nyata dengan LiSA dan marina sebagai vokalis. Mereka muncul di kegiatan yang berhubungan tentang Angel Beats!, juga mengadakan event dan mengadakan live tour. Mereka aktif selama sekitar satu tahun, merilis lima single dan satu album, dan mengakhiri aktivitas dengan pertunjukan Girls Dead Monster Last Live -Final Operation yang diadakan pada 27 Desember 2010.

Anime TV ‘Angel Beats!’

  • Judul Jepang: エンジェル ビーツ
  • Judul Inggris: Angel Beats!
  • Tanggal rilis: 2 April 2010
  • Karya asli & Skenario: Jun Maeda
  • Sutradara: Seiji Kishi
  • Desain karakter: Katsuzo Hirata
  • Musik: ANANT-GARDE EYES, Jun Maeda
  • Produksi musik: VISUALARTS, 1st PLACE
  • Produksi animasi: P.A.WORKS
  • Situs resmi: www.angelbeats.jp

Sinopsis

Panggungnya adalah dunia setelah kematian.
Kisah anak laki-laki dan perempuan yang menghadapi takdir mereka.

Otonashi, seorang laki-laki terbangun di tengah malam di sebuah sekolah tanpa ingatan apapun kecuali nama belakangnya. Yuri, seorang gadis yang membawa senapan mengatakan bahwa ini adalah dunia setelah kematian. Setelah mengetahui situasinya, Otonashi bergabung dengan organisasi Shinda Sekai Sensen yang dipimpin oleh Yuri, dan menjalani kehidupan sekolah dan membantu melawan Kanade dengan segala macam strategi dengan anggota lain.

Tak lama kemudian, Otonashi mengetahui tujuan Kanade yang sebenarnya dan bahwa dunia ini adalah dunia yang disiapkan untuk mereka yang tidak dapat menghabiskan masa mudanya dengan baik saat masih hidup. Setelah Otonashi mendapatkan kembali ingatan sebelum kematian, ia bekerja sama dengan Kanade untuk mewujudkan keinginan anggota lain supaya mereka dapat menghilang dengan kebahagiaan dan dilahirkan kembali dalam kehidupan lain.