Unit Mengubah Novel Menjadi Musik Bernama YOASOBI

2832
ikura dan Ayase yang menjadi anggota YOASOBI

YOASOBI adalah unit dua anggota asal Jepang yang terdiri dari komposer Ayase dan vokalis ikura. Namanya berasal dari kata Jepang yang berarti ‘Kehidupan Malam’. Ayase yang membuat nama itu mengatakan bahwa ia menamakannya sebagai harapan bahwa dirinya dapat menghadapi berbagai tantangan menyenangkan dengan membandingkan kariernya dan ikura sebagai siang hari dan karier YOASOBI sebagai malam hari.

Sebelum terbentuk menjadi YOASOBI masing-masing dari anggotanya telah memiliki karier musik yang aktif. Ayase membuat aktivitas sebagai Vocaloid P (sebutan bagi orang yang aktif membuat lagu dengan VOCALOID) dengan merilis lagu Vocaloid pertamanya “Sentensei Assault Girl” di situs Nico Nico Douga pada 4 Desember 2018 dan merilis mini album pertamanya host City Tokyo pada 23 November di tahun berikutnya. ikura telah aktif sebagai penyanyi solo dengan nama Ikuta Lilas serta merilis tiga mini album: 15 no Omoi (2016), Rerise (2018), dan Jukebox (2019).

Pada tahun 2019, seorang anggota staf dari situs posting novel dan ilustrasi Monogatary.com yang dioperasikan oleh Sony Music menghubungi Ayase dan mengatakan keinginan untuk membuat sebuah unit grup yang berdasarkan cerita novel dari situs tersebut. Ayase yang tertarik dengan proyek tersebut kemudian mengundang ikuta bergabung sebagai vokalis setelah melihatnya menyanyikan lagu milik penyanyi Aimyon “Kimi wa Rock wo Hearing” di Instagram.

Di tahun yang sama, situs monogatary.com mengadakan kontes novel dengan novel berjudul The Temptation of Thanatos karya Hoshino Mayo menjadi pemenang dan novel tersebut yang digunakan ceritanya untuk membuat lagu pertama YOASOBI berjudul “Yoru ni Kakeru”.

Video musik untuk lagu pertama meraka “Yoru ni Kakeru” dirilis di channel YouTube resmi Ayase pada 15 November 2019 dan berhasil mencapai 1 juta penonton hanya dalam waktu satu bulan setelah perilisan.

Setelah itu, lagu tersebut dirilis secara digital di berbagai layanan musik satu bulan kemudian. “Yoru ni Kakeru” dengan cepat menjadi topik hangat di media sosial serta menempati peringkat pertama dalam Spotify Viral 50 di Jepang edisi Januari 2020. Ia juga berhasil mencapai peringkat pertama di Billboard Japan Hot 100 dalam peringkat tahunan 2020, dan melampaui lebih dari 700 juta penyangan streaming yang terbanyak dalam sejarah tangga lagu tersebut.

Sebagian besar lagu yang dirilis berikutnya diproduksi berdasarkan novel, manga, hingga cerita pendek yang semuanya hasil kolaborasi dari berbagai seniman.

■Tautan yang terhubung
Official site: https://www.yoasobi-music.jp/
Twitter: https://twitter.com/yoasobi_staff
TikTok: https://www.tiktok.com/@yoasobi_ayase_ikura
YouTube: https://youtube.com/@Ayase_YOASOBI

Halaman selanjutnya »
Diskografi lengkap karya yang dirilis oleh YOASOBI

1
2