Chiai Fujikawa Profile, Biography dan Discography

515
Foto Chiai Fujikawa di tahun 2019

Chiai Fujikawa (藤川千愛; Fujikawa Chiai, lahir 6 Juni 1995) adalah seorang penyanyi-penulis lagu asal Jepang. Agensinya adalah Collet Promotion. Label musiknya adalah NIPPON COLUMBIA. Pada Juli 2015, dia memulai debutnya sebagai anggota grup idol Maneki Kecak. Hingga September 2018, dia mendapatkan kelulusannya di pertunjukan langsung “Nippon Budokan de Maneki Kecak” yang diadakan di Nippon Budokan.

Setelah lulus dari grup, dia memulai aktivitas solonya pada bulan November di tahun yang ama. Lagu “Kimi no Namae” dirilis di akhir tahun, digunakan sebagai lagu tema ending di anime Tate no Yuusha no Nariagari, dan studio album pertamanya “Laika” dirilis pada bulan Mei di tahun berikutnya.

Profile

  • Nama panggung: Chiai Fujikawa (藤川千愛)
  • Tanggal lahir: 6 Juni 1995 (umur 27)
  • Tempat lahir: Ibara, Okayama, Jepang
  • Tinggi: 162cm
  • Kebangsaan: Jepang
  • Pekerjaan: Penyanyi · penulis lagu

Karier musik

  • Tahun aktif: 2015–sekarang
  • Genre: J-pop
  • Instrumen: Vokal · gitar
  • Label: NIPPON COLUMBIA

Karier awal bersama Maneki Kecak

Chiai Fujikawa lahir pada 6 Juni 1995 di Prefektur Okayama. Sejak berusia 3 tahun dia sudah memiliki cita-cita menjadi sorang penyanyi karna pengaruh kakeknya yang mantan penyanyi enka. Karna kakeknya mengelola Kafe Karaoke dan juga mengadakan kelas bernyanyi, dia mulai mempelajari teknik bernyanyi dengan melihatnya mengajar para siswa bernyanyi di sana sepanjang waktu

Karana keinginan menjadi seorang penyanyi, setelah lulus dari sekolah menengah di Okayama, dia pindah ke Tokyo. Awalnya, dia bekerja menjadi karyawan di sebuah pabrik pembuatan suku cadang kendaraan. Selama bekerja, dia tetap tidak melupakan impiannya untuk menjadi seorang penyanyi dan mencoba untuk menjadi penyanyi sambil bekerja.

Ketika dia sedang membaca sebuah majalah, dia menemukan sebuah audisi untuk anggota baru Japan Twintail Association. Karana tertarik dia akhirnya mengikuti audisi tersebut, dan menyanyikan sebuah lagu yang kemudian menarik perhatian Kan Furuya yang sebagai Produser Japan Twintail Association.

Setelah menjadi anggota Japan Twintail Association, ada tiga pembicaraan tentang apakah Chiai Fujikawa akan debut solo atau sebagai grup idol, atau membuat debut dengan unit dua anggota. Setelah berkonsultasi dengan berbagai staf, Kan Furuya memutuskan untuk debutnya sebagai idol grup. Namun, Chiai Fujikawa merasa bahwa citra idol yang harus menyamakan suara tidak cocok untuknya. Setelah menerima pendapat, Kan Furuya menjelaskan bahwa idol dari Japan Twintail Association akan lebih banyak tampil secara lip sync, dan kemudian Chiai Fujikawa memulai debutnya sebagai anggota grup idol Maneki Kecak pada Juli 2015.

Pada 25 Agustus 2018. Chiai Fujikawa mengumumkan kelulusannya dari Maneki Kecak di pertunjukan satu orang “Natsu no Yaon de Maneki Kecak” yang diadakan di Hibiya Open Air Concert Hall di Tokyo. Pada 24 September di tahun yang sama, dia mendapatkan kelulusannya di pertunjukan langsung “Nippon Budokan de Maneki Kecak” yang diadakan di Nippon Budokan di Tokyo.

Debut solo Chiai Fujikawa

Pada 25 November 2018, Chiai Fujikawa memulai aktivitas solonya dengan mengadakan pertunjukan langsung “Chiai Fujikawa ACOUSTIC JAM” yang diadakan di TOKYO CULTURE CULTURE di Tokyo. Pada bulan Desember, lagu baru dirilis selama 3 minggu berturut-turut mulai tanggal 17 “Katte ni Hitori de Dokidoki Sunna yo”, pada tanggal 24 “Yume Nanka Ja Meshi wa Kuenai to Dareka no Sei ni Shite”, dan pada tanggal 31 lagu ending “Kimi no Namae” dari anime Tate no Yuusha no Nariagari.

Pada 7 Mei 2019, studio album pertamanya “Laika” dirilis dari NIPPON COLUMBIA. Untuk memperingati perilisan album pertamanya, Chiai Fujikawa mengadakan tur langsung di dalam toko CD, orang yang melakukan pra-pembelian CD akan menerima CD jacket yang berbeda dan diberikan langsung oleh Chiai Fujikawa sendiri. Ada 20 jacket berbeda untuk setiap tempat.

Kehidupan pribadi

Lulus dari Kasaoka Commercial High School di Prefektur Okayama.

Ketika masih kecil, dia sangat mengagumi Kumi Koda, dan juga menyukai Kana Nishino, jadi lebih banyak memiliki kekaguman pada artis solo.

Dalam sebuah wawancara, dia mengatakan, awalnya sebagai seorang yang pemalu dan tidak memiliki teman laki-laki hingga debutnya. Jadi tidak tahu harus berbicara apa saat bertemu dengan penggemarnya. Tetapi semakin banyak berinteraksi dengan penggemar, dia mulai terbiasa, dan menjadi lebih mudah untuk berbicara bahkan bisa mengatakan “Saya orang yang pemalu” kepada penggemar.

Dia mulai berlatih gitar setelah lulus dari Maneki Kecak pada September 2018 dan memamerkan bernyanyi sambil bermain gitar akustik di konser solo pertamanya “Chiai Fujikawa ACOUSTIC JAM”. Sejak saat itu, dia mencoba bernyanyi dengan bermain gitar setiap kali tampil di pertunjukan langsung, meskipun tidak semua lagu.

Discography

Studio albums

  1. [2019.05.07] Laika (ライカ)
  2. [2020.04.08] Ai wa Headphone Kara (愛はヘッドフォンから)
  3. [2020.11.25] HiKiKoMoRi

Mini albums

  1. [2022.04.27] Chotto Sokomade Kinouwo Mukaeni (ちょっとそこまで昨日を迎えに)

Digital singles

  1. [2018.12.17] Katte ni Hitori de Dokidoki Sunna yo (勝手にひとりでドキドキすんなよ)
  2. [2018.12.24] Yume Nanka Ja Meshi wa Kuenai to Dareka no Sei ni Shite (夢なんかじゃ飯は喰えないと誰かのせいにして)
  3. [2018.12.31] Kimi no Namae (きみの名前)
  4. [2019.11.11] Hikiyoserarete Yume wo Miru (引き寄せられて夢を見る)
  5. [2019.12.20] Omajinai (おまじない)
  6. [2020.01.03] Watashi ni mo Sonna Aniki ga (私にもそんな兄貴が)
  7. [2020.02.07] Anata wo Kirai ni Naremashita (あなたを嫌いになれました)
  8. [2020.10.30] Bakemono to Yobarete (バケモノと呼ばれて)
  9. [2021.06.02] Katappono Earring (片っぽのピアス)
  10. [2022.04.06] Yuzurenai (ゆずれない)

Chiai Fujikawa SNS dan situs resmi