Profil Hikaru Utada, Penyanyi dengan Rekor Album Terlaris di Jepang

440
Hikaru Utada di pertunjukan ‘Hikaru Utada Live Sessions from Air Studios’ (2022)

Hikaru Utada (宇多田ヒカル Utada Hikaru) adalah seorang penyanyi-penulis lagu asal Jepang yang dikenal luas sebagai salah satu musisi paling sukses di negara tersebut. Nama panggilannya adalah Hikki yang diberikan oleh para penggemarnya. Dia lahir pada 19 Januari 1983 di Kota New York, Amerika Serikat. Ayahnya adalah produser musik Teruzane Utada dan ibunya adalah Junko Utada, seorang penyanyi enka yang berkarier dengan nama panggung Keiko Fuji. Dikarenakan pekerjaan orang tuaanya yang sebagai musisi, Utada sering bepergian antara Tokyo dan New York sejak masih kecil.

Pada tahun 1990, Utada bersama dengan kedua orang tuanya membentuk unit tiga anggota keluarga yang bernama U3, dan Utada juga berpartisipasi sebagai vokalis untuk unit tersebut pada tahun 1993 serta membuat debutnya dengan album berjudul ‘STAR’ yang berisikan lagu-lagu rock. Setelah debutnya itu, Utada yang masih berusia 10 tahun mulai belajar menulis lirik sendiri karena dorongan dari ayahnya.

Pada tahun 1995, Utada mulai tampil sendiri sebagai vokalis unit keluarga untuk mengantikan ibunya dan merilis karya-karya dari label rekaman indie di Eropa dan Amerika, termasuk album luar negeri pertamanya ‘Precious’ yang dirilis dengan nama Cubic U.

DI musim panas tahun 1998, Utada pindah dari New York ke Tokyo dan membuat debut di Jepang dengan single pertamanya “Automatic / time will tell” pada 9 Desember di tahun yang sama.

Di tahun berikutnya, single debut Utada berhasil mencatat grafik tertinggi di tangga single Oricon dengan total melebihi 1 juta penjualan. Utada yang berusia 15 tahun saat itu kemudian dengan cepat mendapatkan popularitas karena diliput secara luas oleh media massa dan menjadi fenomena sosial di Jepang. Dengan momentum itu, single keduanya “Movin’on without you” dirilis bebrapa bulan kemudian, dan album pertamanya First Love yang dirilis pada 10 Maret secara mengejutkan mencapai rekor lebih dari 2 juta penjualan di minggu pertama perilisanya.

Pada saat ini, popularitas Utada telah menjadi topik hangat dengan membuat sejarah di musik Jepang hanya dalam waktu empat bulan setelah debutnya. Menurut Oricon, penjualan First Love saat ini sekitar 7,65 juta eksemplar yang belum pernah terjadi sebelumnya. Itu adalah rekor penjulan CD album paling banyak dalam sejarah musik Jepang hingga saat ini.

Sebagian besar album yang dirilis di Jepang setelah itu menjadi hit yang terjual jutaan dan lagu-lagunya menduduki puncak tangga lagu, termasuk pada tahun 2007 di mana “Flavor Of Life” yang menjadi lagu sisipan untuk drama TBS Hana Yori Dango berhasil melampuai 7 juta unduhan dan menempati peringkat kedua di dunia dalam hal penjualan digital. Dia juga membuat debutnya di Amerika Serikat pada tahun 2004 dengan merilis album berbahasa Inggris EXODUS dengan nama UTADA.

Meskipun aktivitasnya dihentikan sementara karena ‘Kegiatan kemanusian’ dan menjalani masa hiatus sementara pada tahun 2010. Namun, secara resmi Utada memulai kembali aktivitas artisnya dengan sungguh-sungguh pada bulan April 2016.

■Tautan yang terhubung
Official site: https://www.utadahikaru.jp/
Twitter: https://twitter.com/utadahikaru
Instagram: https://www.instagram.com/kuma_power/
YouTube: https://www.youtube.com/user/hikki

Halaman selanjutnya »
Diskografi karya album dan single dari Hikaru Utada

1
2