Profil Grup Idol Maneki Kecak dari Japan TwinTail Association

237
Maneki Kecak

Grup idol wanita asal Jepang yang dipanggil dengan nama Maneki Kecak (まねきケチャ). Dibentuk pada tahun 2015 dengan konsep menghadirkan karakter yang membawa keberuntungan Fuku yang melampaui budaya Moe yang hadir saat ini ke dalam dunia idol. Sejak awal, mereka telah menarik perhatian karena kemampuan bernyanyi para anggotanya yang tinggi dan secara khusus aktivitas mereka lebih difokuskan dalam penampilan live, sehingga mereka rutin mengadakan pertunjukan solo, tampil di festival idol terbesar di Jepang “TOKYO IDOL FESTIVAL 2016”, dan mengadakan tur nasional pertamanya pada tahun 2017.

Dimulai sekitar tahun 2015 ketika Japan TwinTail Association yang telah lama dikenal sebagai tempat berkumpulnya gadis-gadis muda yang bertujuan menjadi idol, mengadakan sebuah audisi untuk membentuk grup idol baru yang akan menjadi adik perempuan dari drop yang telah dibubarkan pada tahun 2017. Setelah grup terbentuk, ia muncul untuk pertama kalinya di festival idol “Romantic Compote Vol.01 (ろまんちっくコンポート Vol.01)” yang diadakan oleh Japan TwinTail Association. Mereka mengatakan bahwa nama grupnya adalah Maneki Kecak dan terdiri dari lima orang anggota: Miyuu Nakagawa (20), Rin Miyauchi (17), Reona Matsushita (16), Mayuka Fujisaki (17), dan Chiai Fujikawa (20).

Tiga bulan setelah pembentukan, mereka merilis single pertamanya “Kokuhaku no Susume / Ai Kotoba” yang diproduksi sendiri dan berlanjut ke single keduanya “Joudan ja Nai ne / Monster to Kecak” yang dirilis menjelang pergantian tahun.

Pada tahun 2016, mereka merilis dua single “Kimi Wazurai / Mousou Sakura” dan “Time Machine / SPLASH” dari label rekaman FORCE MUSIC dan segera setelah itu mereka memutus kontrak dengan label tersebut.

Pada tahun 2017, Mayuka memutuskan kelulusan dari grup karena alasan kesehatan yang buruk dan memilih untuk pensiun dari industri hiburan. Dan single baru yang dirilis dari label Universal Music “Doudemo Iiya / Arikitari na Kotoba de” menjadi karya terakhir berpartisipasinya Mayuka sebagai anggota Maneki Kecak. Mayuka kemudian digantikan dengan anggota baru yang seorang siswa sekolah menengah tahun ketiga berusia 17 tahun Mio Fukase.

Setelah perilisan lagu baru “Kagami no Naka kara” yang digunakan sebagai lagu tema ending untuk serial anime GeGeGe no Kitaro, Maneki Kecak melakukan debut besarnya dari label Nippon Columbia dengan album penuh pertamanya Kimi Wazurai dan single baru “Kagami no Naka kara / Atashi no Nokori Zenbu Ageru” yang dirilis secara bersamaan pada bulan April 2018.

Tidak lama sesudah debut resminya, Chiai Fujikawa diputuskan untuk mendapatkan kelulusan dari grup setelah tampil di pertunjukan Nippon Budokan pada bulan September 2018. Setelah menghentikan aktivitas idol-nya, Chiai Fujikawa melanjutkan kariernya sebagai penyanyi solo. Mulai dari sini, Maneki Kecak melakukan transisi ke sistem saat ini di bawah naungan label besar Nippon Columbia.

Diskografi dari karya Maneki Kecak sejauh ini

<Album>
[2018.04.18] Kimi Wazurai (きみわずらい)
[2018.08.28] Kinouno Atashini Maketakunaino (昨日のあたしに負けたくないの)
[2019.12.18] Aruwake Naino (あるわけないの)

<Single>
[2015.11.14] Kokuhaku no Susume / Ai Kotoba (告白のススメ / 愛言葉)
[2015.12.23] Joudan ja Nai ne / Monster to Kecak (冗談じゃないね / モンスターとケチャ)
[2016.04.23] Kimi Wazurai / Mousou Sakura (きみわずらい / 妄想桜)
[2016.10.18] Time Machine / SPLASH (タイムマシン / SPLASH)
[2017.06.28] Doudemo Iiya / Arikitari na Kotoba de (どうでもいいや / ありきたりな言葉で)
[2018.04.18] Kagami no Naka kara / Atashi no Nokori Zenbu Ageru (鏡の中から / あたしの残りぜんぶあげる)
[2019.03.20] Itsuka Dokoka de / One Chance (いつかどこかで / ワンチャンス)
[2021.04.21] Mawaru Sekai ni (まわる世界に)

■Tautan yang terhubung
Website: https://www.maneki-kecak.com/
Twitter: https://twitter.com/maneki_kecak
Instagram: https://www.instagram.com/manekikecak/
TikTok: https://www.tiktok.com/@maneki_kecak
YouTube: https://youtube.com/@maneki_kecak