Profil Aimer, Penyanyi Anison dengan Suara Serak yang Unik

1726
Aimer (Foto: Aimer promosi album ‘Hoshi no Kieta Yoru ni’

Aimer (エメ Eme) adalah seorang penyanyi-penulis lagu asal Jepang. Dia saat ini berkarier di bawah label musik SACRA MUSIC. Fanclub resminya bernama Blanc et Noir. Namanya berasal dari kata ‘Aimer’ dalam bahasa Prancis yang artinya ‘mencintai’. Aimer digunakan sebagai nama panggungnya sedangkan nama aslinya hingga sekarang masih belum diungkapkan. Nama lainnya adalah Aimerrhythm yang dipakai untuk kredit lirik lagu yang ia tulis sendiri.

Ayahnya adalah seorang anggota band. Oleh karana itu, ia menjadi seorang anak yang dibesarkan di sebuah rumah di mana musik selalu dimainkan dan seorang anak yang suka bernyanyi bahkan sebelum ia memikirkannya.

Ketika menginjak bangku sekolah dasar, Aimer mulai belajar piano dan suka menyanyikan lagu yang muncul di film-film lama Amerika Serikat seperti lagu tema “Tomorrow” dari film Annie (1999) dan mulai memiliki keinginan untuk menjadi seperti seorang gadis yang menyanyikan lagu itu.

Di sekolah menengah, Aimer mulai suka mendengarkan berbagai musik dari berbagai genre apakah itu musik Barat atau Jepang dari CD milik ayahnya, dan yang paling sering didengarkan saat itu ialah lagu-lagu dari penyanyi asal Kanada Avril Lavigne. Sejak itu, ia juga mulai tertarik belajar gitar karena terkesan dengan permainan gitar dari Avril.

Ketika berusia 15 tahun, dikatakan ada sebuah pengalaman di mana ia tiba-tiba harus kehilangan suaranya karena terlalu banyak bernyanyi dan menyebabkan ia melukai pita suaranya sendiri. Aimer mengungkapkan bahwa kejadian itu bermula ketika dirinya bangun di pagi hari dan tiba-tiba merasakan suaranya sulit dikeluarkan. Kemudian ia pergi ke rumah sakit khusus untuk memeriksan kodisinya dan setelah pemeriksaan ia disarankan untuk melakukan terapi keheningan. Selama proses penyembuhan itu, ia dilarang untuk banyak bicara dan tidak berbicara hampir selama setengah tahun.

Dalam waktu tidak bisa berbicara untuk sementara waktu, ia mulai merasa sangat takut karena muncul rasa kekuatiran dirinya mungkin tidak akan pernah bisa bernyanyi lagi seperti sebelumnya dan lebih banyak menghabiskan waktu sendirian. Namun, ketika rasa putus asa yang luar biasa muncul, ia menyadari bahwa di dalam hati kecilnya masih sangat suka bernyanyi dan itu membuatnya semakin ingin terus bernyanyi.

Setelah mulai bisa bersuara sedikit demi sedikit, Aimer mulai bernyanyi dengan cara yang tidak membuat tenggorokannya tegang dan itu menjadi ciri khasnya hingga sekarang yang bernyanyi serak dengan mempertahankan suara tetap rendah.

Selain itu, pengalaman nyata di mana Aimer kehilangan suaranya juga diungkapkan di lagu berjudul “Yakou Ressha ~nothing to lose~” dari album pertamanya Sleepless Nights yang dalam liriknya menggambarkan dirinya kehilangan suara di malam hari.

Pada tahun 2011, Aimer bergabung dengan agehasprings, sebuah perusahaan yang berfokus pada produksi musik dan manajemen artis dan telah menghasilkan nama-nama besar seperti YUKI, JUJU, dan Mika Nakashima. Di bulan Februari, Aimer menyanyikan lagu “SPIDER SOUNDS” yang diproduksi sebagai agehasprings feat. Aimer dan dirilis di myspace. Di bulan April, Lagu dengan judul “Kizuna” yang dinyanyikan oleh Aimer diproduksi sebagai iklan untuk majalah manga Monthly Comic Zenon. Di bulan Mei, Aimer merilis album Your favorite things yang merupakan album cover dari lagu-lagu populer musisi dunia dan lagu utama “Poker Face” milik Lady Gaga berhasil mencapai puncak tangga lagu jazz di iTunes Store serta digunakan sebagai lagu sisipan untuk drama Koi nante zeitaku ga watashi ni ochitekurunodarouka? yang disiarkan di Fuji TV.

Aimer membuat debut majornya dari label DefSTAR RECORDS pada 7 September 2011 dengan single pertamanya “Rokutousei no Yoru / Kanashimi wa Aurora ni / TWINKLE TWINKLE LITTLE STAR” dan lagu utama dari single tersebut yang berjudul “Rokutousei no Yoru” merupakan lagu yang terpilih sebagai lagu tema ending untuk anime TV No.6.

Sejak debutnya itu, Aimer terus merilis karya single dan album setiap tahunya, dan sekarang ia dikenal sebagai salah satu penyanyi anison terkenal yang memiliki banyak pengemar dari berbagai negara.

■Tautan yang terhubung
Official site: http://www.aimer-web.jp/
Twitter: https://twitter.com/aimer_and_staff
YouTube: https://www.youtube.com/user/aimerSMEJ

Halaman selanjutnya »
Diskografi karya album dan single dari Aimer

1
2