Profil BAND-MAID, Ketika Pelayan Kafe yang Lucu Bermain Musik Hard Rock

225
BAND-MAID (Foto: BAND-MAID promosi album ‘Unseen World’)

Band rock wanita asal Jepang yang memiliki nama panggilan BAND-MAID. Ia terdiri dari lima orang anggota yaitu MIKU Kobato (Gitar / Vokal), SAIKI (Vokal), KANAMI (Gitar), AKANE (Drum), dan MISA (Bass). Dibentuk pada Juli 2013 dan melakukan debut major-nya pada Mei 2016 dengan album Brand New MAID. Secera visual memang mereka terlihat lucu dengan tampil mengenakan kostum pelayan kafe, tetapi nyatanya mereka adalah kelompok lima gadis yang memaainkan lagu-lagu yang sangat keras hard rock dan menunjukan aksi yang kuat saat penampilan live.

Mereka menyebut dirinya sebagai pelayan, dan memanggil penggemar mereka sebagai tuan dan nyonya. Dengan menunjukan citra maid cafe yang lucu dan kemampuan bermain musik secara terampil, mereka telah menciptakan basis penggemar yang berkembang baik domestik maupun Internasional, dan konser solo mereka telah memukau berbagai negara terutama Amerika dan Eropa.

Dimulai dari MIKU Kobato yang suka pergi untuk melihat konser band secara langsung saat masih menjadi siswa sekolah menengah dan ingin mencoba seperti mereka suatu hari nanti. Kemudian setelah lulus dari sekolah menengah, ia pergi ke Tokyo untuk mencoba berkarier di industri musik, tetapi ia mendapatkan pekerjaan paruh waktu sebagai pelayan di sebuah maid cafe di Akihabara dan perlahan ia menyukai pekerjaan sebagai maid.

Di sisi lain, ia terus melatih vokal bernyanyinya dan berpikir mungkin akan menjadi menarik untuk menyatukan bermusik yang menjadi impiannya dengan pekerjaannya saat ini. Dan mulai mewujudkan ide untuk menggabungkam antara gaya maid yang imut dengan musik rock yang keren, dan mulai mengumpulkan anggota untuk membentuk sebuah band.

Saat itulah, KANAMI yang telah aktif sebagai seorang penyanyi-penulis lagu yang sering memposting video di Internet bergabung setelah dihubungi oleh MIKU dan tertarik dengan konsep band. Mereka kemudian bertemu dengan drummer AKANE dan melalui perkenalan, AKANE mengajak bassis MISA untuk bergabung dengan band.

Mereka memulai aktivitas band dengan empat orang anggota pada awalanya. Hingga MIKU memutuskan menambah vokalis dikarenakan suara dirinya sebagai vokalis terlalu cerah untuk menyanyikan lagu-lagu keras dan untuk menambahkan elemen yang lebih berat. SAIKI yang telah aktif sebagai penyanyi solo di bawah agensi yang sama dengan mereka berempat kemudian bergabung setelah dihubungi oleh MIKU. Dan setelah melalui banyak lika-liku, BAND-MAID terbentuk dengan cara itu dan pada akhirnya menjadikan suara hard rock sebagai arah musik mereka.

BAND-MAID lantas mencuri perhatian setelah video musik “Thrill” dari album pertama mereka MAID IN JAPAN diposting di Facebook Jrock Radio yang mengkhususkan diri pada konten musik rock Jepang dan telah memiliki lebih dari 1 juta pengikut. Dan hasilnya “Thrill” berhasil menyita penonton lebih dari 2 juta kali dalam dua minggu. Hal itu menyebabkan mereka secara tiba-tiba mendapatkan populeritas dan penampilan mereka dengan kostum pelayan yang lucu yang bertentangan dengan musik hard rock banyak dibicarakan oleh para pecinta musik dari seluruh dunia.

BAND-MAID melakukan debut major-nya dari label Nippon Crown pada Mei 2016 dengan album Brand New MAID. Dan di tahun debutnya, kelima anggota diundang ke festival budaya Jepang ‘Sakura-Con’ yang diadakan di Seattle, Amerika Serikat, dan mereka tampil untuk pertama kalinya di luar negeri di depan depan penonton sekitar 3.000 orang.

Meskipun kalian mungkin tidak menyukai musik rock, tetapi jika kalian menonton video musik dari BAND-MAID maka hati kalian akan terpesona oleh paras imut serta kemampuan yang solid dari kelima anggota. Dengan membawakan lagu-lagu rock yang memiliki jangkauan luas di dunia dan memadukannya dengan budaya maid yang lucu, mereka menoba menghilakan kesenjangan sehigga mereka dapat dicintai oleh semua kalangan baik itu pria maupun wanita.

Tujuan utama BAND-MAID adalah menaklukkan dunia. Namun untuk mencapai dominasi dunia itu tidaklah mudah dan kelima anggota akan terus berkembang untuk mendapatkan reputasi di luar negeri yang menjadi jalan bagi mereka untuk mencapai ambisinya.

Diskografi dari karya BAND-MAID sejauh ini

<Album>
[2014.01.08] MAID IN JAPAN
[2015.11.18] New Beginning
[2016.05.18] Brand New MAID
[2017.01.11] Just Bring It
[2018.02.14] WORLD DOMINATION
[2019.12.11] CONQUEROR
[2021.01.20] Unseen World

<Extended play>
[2019.04.03] BAND-MAIKO

<Single>
[2014.08.13] Ai to Jonetsu no Matador (愛と情熱のマタドール)
[2016.11.16] YOLO
[2017.07.19] Daydreaming / Choose me
[2018.07.25] start over
[2019.01.16] glory
[2019.01.16] Bubble
[2020.12.02] Different
[2021.10.27] Sense

<Digital single>
[2018.04.01] secret MAIKO lips
[2019.10.03] endless Story
[2021.02.04] About Us

■Tautan yang terhubung
Website: https://bandmaid.tokyo/
Facebook: https://www.facebook.com/bandmaid
Twitter: https://twitter.com/bandmaid
Instagram: https://www.instagram.com/bandmaid.jp/
YouTube: https://youtube.com/@BANDMAID