Profil NiziU, Grup Idol Jepang dengan Konsep K-Pop

571
Dari kiri: Nina, Mako, Ayaka, Miihi, Rima, Maya, Mayuka, Rio, dan Riku (NiziU di bandara Gimpo tahun 2022)

NiziU adalah girl group Jepang-Korea Selatan yang beranggotakan sembilan orang. Namanya berasal dari kata ‘Nizi (虹)’ dalam bahasa Jepang yang artinya pelangi dan penambahan kata ‘U’ yang ditunjukan untuk para anggota dan penggemar serta memiliki arti ‘Need you’. Namanya diberikan oleh J.Y. Park (Pendiri JYP Entertainment) yang mengatakan “Tidak ada yang bisa sukses sendirian. Kita semua saling membutuhkan dan kita membutuhkan penggemar“.

Nama klub penggemarnya adalah ‘WithU’ yang mengandung gagasan bahwa bersama dengan para penggemar (U) yang mendukung NiziU, kami akan bekerja menuju dunia.

Warna resmi grup adalah 7 warna pelangi yang juga menjadi warna identitas untuk setiap anggotanya: Mako (Oranye), Rio (Biru muda), Maya (Ungu), Riku (Kuning), Ayaka (Putih), Mayuka (Hijau muda), Rima (Merah), Miihi (Pink), dan Nina (Biru).

Proyek idol NiziU didasarkan pada proyek K-pop 3.0 yang direncanakan oleh J.Y.Park sendiri untuk membuat model grup K-pop yang terdiri dari anggota lokal di luar Korea Selatan.

Alasan munculnya proyek ini adalah karena belum semua negara mau menerima dengan baik budaya populer Korea Selatan Hallyu dan K-pop. Untuk mengatasi keterbatasan politik dan etnis, sebuah proyek dibuat terutama menargetkan negara China dan Jepang yang menjadi pasar hiburan terbesar di Asia.

JYP Entertainment kemudian mengadakan audisi global bernama ‘Nizi Project’ yang bekerja sama dengan Sony Music, label rekaman terbesar di Jepang yang menangani banyak grup idol terkenal seperti Nogizaka46.

Pada bulan Juli hingga Agustus 2019, audisi global diadakan di total 10 lokasi termasuk 8 kota di Jepang, Hawaii, dan Los Angeles. Sebanyak lebih dari 10.000 peserta berpartisipasi, dan 26 peserta berhasil terpilih untuk menjalani masa pelatihan selama 5 hari 4 malam di Jepang (Tokyo) pada bulan September di tahun yang sama.

Setelah seleksi satu demi satu, 14 orang terpilih untuk melanjutkan pelatihan setengah tahun di Korea Selatan dari akhir Desember sampai Juni 2020. Mereka berlatih untuk membuat debutnya selama enam bulan di JYP Training Center di Korea Selatan, dan juga penentuan anggota terpilih untuk melakukan debut.

Pada Akhirnya, sembilan anggota final diputuskan di episode terakhir ‘Nizi Project’ yang disiarkan pada 26 Juni dan NiziU resmi dibentuk sejak itu.

Sebelum membuat debutnya, mereka melakukan pra-debut dengan merilis mini album Make you happy secara bersamaan di Jepang dan Korea Selatan pada 30 Juni, dan dirilis di seluruh dunia keesokan harinya.

Dalam 3 hari perilisannya, Make you happy sukses memenangkan 64 mahkota (menurut Sony Music) dalam jumlah total peringkat single (lagu tunggal) dan peringkat album di situs distribusi musik domestik.

Video musik untuk lagu utama “Make you happy” yang ditulis oleh J.Y. Park berhasil mencapai lebih dari 20 juta kali penyangan di YouTube dalam waktu 3 hari, dan dukungan sebagai idol pendatang baru semakin meluas.

NiziU kemudian membuat penampilan langsung di program acara pagi ‘SUKKIRI!!’ yang disiarkan langsung di Nippon TV pada 27 Oktober. Di tempat ini, NiziU untuk pertama kalinya tampil secara langsung di studio program TV Jepang dan membawakan lagu “Make you happy” dengan delapan anggota setelah Miihi menangguhkan aktivitasnya untuk sementara waktu karena kondisi fisik yang buruk.

NiziU resmi melakukan debutnya dengan merilis single pertama “Step and a step” pada 2 Desember 2020. Setelah itu, karya baru dirilis di tahun berikutnya termasuk single kedua mereka “Take a picture / Poppin’ Shakin’” dan album lengkap pertama U.

■Tautan yang terhubung
Official site: https://niziu.com/
Facebook: https://www.facebook.com/NiziUinfoofficial
Twitter: https://twitter.com/NiziU__official
Instagram: https://www.instagram.com/niziu_artist_official/
Instagram: https://www.instagram.com/niziu_info_official/
YouTube: https://youtube.com/@NiziUOfficial