TOP10 Film Anime Terbaik Tahun 2022 yang Wajib Ditonton

48
Uta

Sesuai dengan judulnya artikel kali akan memperkenalkan deretan film anime populer yang tayang di bioskop pada tahun 2022 terutama yang mendominasi pendapatan box office saat perilisan.

Tahun 2022 penuh dengan karya-karya yang wajib dilihat oleh para penggemar anime, seperti adaptasi anime dari manga populer Slam Dunk dan karya terbaru dari seri film Detective Conan yang sangat populer. Dan juga tidak lupa topik mengenai film anime ONE PIECE FILM RED yang mengguncang box office serta karya baru dari sutradara terkemuka Makoto Shinkai Suzume no Tojimari yang pastinya banyak menarik perhatian.

Kami berharap dengan dibuatnya tulisan ini dapat menjadikannya sebagai indikator atau referensi saat Anda akan menonton salah satu karya yang kiranya berkesan di layanan streaming Amazon Prime atau Netflix.

#1 THE FIRST SLAM DUNK

THE FIRST SLAM DUNK

SLAM DUNK yang sudah lama dikenal banyak pecinta anime akhirnya dapat disaksikan kembali  saat tayang di layar lebar pada bulan Desember 2022. Banyak penggemar mungkin berseru kegirangan melihat film ini yang tetap banyak dibicarakan bahkan setelah lebih dari 30 tahun sejak dimulainya serialisasi karya aslinya pada tahun 1990. Alih-alih melanjutkan cerita Hanamichi Sakuragi yang menjadi karakter utama karya aslinya, sebagian besar film ini lebih memilih berfokus pada karakter Ryota Miyagi terutama membahas kehidupannya di luar lapangan yang belum pernah terungkap sebelumnya. Hal yang paling penting lagi adalah sang penulis asli manganya Takehiko Inoue bertidak langsung sebagai sutradara sekaligus penulis naskah untuk film ini.

#2 Suzume no Tojimari

Suzume

Suzume no Tojimari adalah film anime berdurasi penuh yang disutradarai oleh Makoto Shinkai  yang terkenal dengan Your Name. (2016) dan Weathering With You (2019). Karya terbaru dari sang sutradara berlatarkan reruntuhan di seluruh kepulauan Jepang. Ini adalah film perjalanan yang menggambarkan tumbuh kembang dari karakter utama Suzume yang merupakan seorang gadis sekolah menengah yang harus melakukan perjalanan ke berbagai tempat untuk menutup pintu misterius yang menjadi sumber bencana.

#3 ONE PIECE FILM RED

ONE PIECE FILM RED

ONE PIECE FILM RED yang menjadi film ke-15 dari serial anime terkenal ONE PIECE menggambarkan seorang diva bernama Uta yang paling dicintai di dunia. Suara nyanyian yang ia pancarkan sambil menyembunyikan identitasnya digambarkan sebagai dimensi lain. Pertunjukan langsung di mana Uta akan tampil di depan umum untuk pertama kalinya diadakan. Tempat tersebut dipenuhi oleh segala jenis penggemar Uta termasuk Bajak Laut Topi Jerami yang dipimpin oleh Luffy yang datang untuk menikmati suara nyanyian Uta tanpa mengetahui apa pun tentangnya, namun muncul fakta mengejutkan bahwa Uta adalah putri Shanks. Uta yang berdiri di atas panggung hanya memiliki keinginan sederhana yaitu membuat dunia bahagia dengan lagu-lagunya.

#4 Laid-Back Camp Movie

#4 Laid-Back Camp Movie

Karya film pertama dari serial anime yang dimulai pada tahun 2018 Yuru Camp△ yang didasarkan pada manga populer dengan judul sama yang menggambarkan para gadis sekolah menengah yang mencoba menikmati kehidupan alam bebas. Meskipun serial manga dan anime Yuru Camp△ masih berlangsung, namun dalam versi filmnya digambarkan sebagai cerita setelah cerita utama dalam serialnya, di mana para karakter utama telah tumbuh dewasa serta sudah bekerja, dan setelah terpisah karena kesibukan masing-masing, mereka dipertemukan kembali dan mulai merencanakan untuk membuat sebuah tempat perkemahan sendiri.

#5 Doraemon The Movie: Nobita’s Little Star Wars 2021

Doraemon The Movie: Nobita’s Little Star Wars 2021

Suatu hari selama liburan musim panas, alien seukuran telapak tangan bernama Papi muncul dari roket kecil yang diambil Nobita. Papi adalah presiden Pirika, sebuah planet kecil yang jauh di luar angkasa dan ia datang ke bumi untuk melarikan diri dari tentara pemberontak. Nobita bersama dengan Doraemon dan yang lainnya mencoba menghabiskan waktu bersama Papi, namun kapal perang luar angkasa yang datang ke Bumi untuk mengejar Papi melancarkan serangan terhadap Nobita dan teman-temannya untuk menangkap Papi. Film ke-41 dari karya anime populer Doraemon merupkan versi remake dari film Doraemon the Movie: Nobita’s Little Star Wars yang dirilis pada tahun 1985 sebagai film keenam dari serial animenya.

#6 Detective Conan: The Bride of Halloween

Detective Conan: The Bride of Halloween

Ini merupakan film ke-25 dalam serial anime terkenal Detective Conan yang berdasarkan karya manga Gosho Aoyama. Sebuah pernikahan pasangan Detektif Sato dan Detektif Takagi diadakan di Tokyo selama musim Halloween sementara Conan dan tamu undangan lainnya ikut menghadiri, tetapi seorang pria menerobos masuk ke dalam pernikahan tersebut dan Takagi terluka saat mencoba melindungi Sato. Meskipun insiden tersebut ternyata hanyalah sebuah pelatihan untuk menjaga pernikahan, namun saat Sato melihat ke arah Takagi yang berlumuran darah palsu, ia sekali lagi melihat penampakan Grim Reaper yang pernah ia lihat saat insiden pengeboman yang menewaskan Detektif Matsuda yang dulu disukainya.

Pada waktu yang hampir bersamaan, pelaku aksi bom berantai kabur dari penjara dan Detektif Amuro dari kepolisian keamanan publik menyudutkan pria pembom yang merupkan pembunuh Matsuda, namun tiba-tiba muncul orang misterius dan memasangkan bom berbentuk kerah padanya. Ketika Conan menemui Amuro untuk menjinakkan bom, ia mendengar tentang insiden masa lalu antara mantan teman sekelas Amuro dari akademi kepolisian yang sekarang sudah tidak ada dan seorang pembom tak dikenal yang menyamar bernama Pramya. Kunci dari cerita film ini adalah lima orang yang biasa dikenal dengan Kelompok Akademi Polisi termasuk Amuro dan empat orang lainnya yang telah tewas saat menjalankan tugas: Matsuda, Hagiwara, Date, dan Scotch.

#7 The Quintessential Quintuplets The Movie

The Quintessential Quintuplets The Movie

Film enime khusus yang diproduksi untuk memperingati 5 tahun penayangan serial anime Gotoubun no Hanayome yang berdasarkan manga Negi Haruba dengan judul yang sama. Penulis aslinya ikut terlibat langsung dalam mengawasi cerita filmnya yang menggambarkan bulan madu Fuutarou dewasa dan kembar lima.

Setelah Fuutarou bekerja sebagai guru private untuk membimbing teman sekelasnya si kembar lima yang berada di ambang kegagalan karena benci belajar hingga mereka lulus SMA, si kembar lima kini telah menempuh jalannya masing-masing, namun tampaknya mereka mengalami beberapa masalah. Sementara itu, Fuutarou dan si kembar lima merencanakan perjalanan ke Hawaii yang juga akan menjadi bulan madu mereka. Persiapan perjalanan telah berjalan lancar, namun insiden tertentu diketahui dan menyebabkan keributan besar. Dan mereka mendapat masalah di Hawaii.

#8 Dragon Ball Super: Super Hero

Dragon Ball Super: Super Hero

Sebuah film anime berdasarkan manga terkenal Akira Toriyama Dragon Ball. Ini merupakan film adaptasi kedua dari serial anime Dragon Ball Super yang tayang pada tahun 2015 hingga 2018. Sama halnya dengan karya sebelumnya Dragon Ball Super: Broly yang dirilis pada tahun 2018, penulis karya aslinya ikut bergabung sebagai staf produkai untuk penulisan naskah serta mendesain karakternya. Organisasi jahat Tentara Pita Merah yang pernah dihancurkan oleh Goku muncul kembali dan menciptakan Android Gamma 1 dan 2 yang baru dan terkuat. Mereka menyebut dirinya sebagai Super Hero dan mulai menyerang Piccolo, Gohan, dan yang lainnya.

#9 Crayon Shin-chan: Mononoke Ninja Chimpuden

Crayon Shin-chan: Mononoke Ninja Chimpuden

Ini adalah seri film ke-30 dari karya anime terkenal Crayon Shin-chan yang juga sedang merayakan ulang tahun ke-30 penayangan animenya sejak tahun 1992. Ceritanya berkisar pada aksi ninja yang penuh dengan lelucon yang familiar dan misteri seputar kelahiran Shin-chan.

Suatu hari saat hari hujan, seorang bayi lahir dari pasangan Hirosi Nohara dan Misae. Memo yang dibuat oleh Hiroshi yang berisikan kandidat nama untuk bayinya menjadi basah dan hampir tidak dapat dibaca, tetapi dari huruf yang masih terbaca muncul nama Shinnosuke. Lima tahun kemudian, seorang wanita bernama Chiyome mengunjungi keluarga Nohara dan mengaku sebagai orang tua asli Shinnosuke. Hiroshi dan Misae bingung dengan kejadian mendadak tersebut, namun alasan kuat Chiyome membuat kelurga Nohara memutuskan untuk membiarkannya tinggal di rumah mereka untuk sementara waktu. Kemudian di saat malam hari, pasukan ninja misterius menyerang keluarga Nohara, dan Chiyome serta Shinnosuke dibawa pergi pasukan ninja tersebut ke sebuah desa ninja.

#10 Jujutsu Kaisen 0

Jujutsu Kaisen 0

Versi Layar lebar dari serial anime populer Jujutsu Kaisen yang didasarkan pada manga Jujutsu Kaisen 0 Tokyo Metropolitan Curse Technical School yang merupakan prekuel dari cerita utama dalam manga Jujutsu Kaisen oleh penulis asli Gege Akutami. Ceritanya mengikuti karakter Yuta Okkotsu, seorang pemuda yang dihantui oleh seorang teman masa kecil yang telah berubah menjadi kutukan.

Ketika siswa SMA Yuta Okkotsu masih muda, teman masa kecilnya bernama Rika Orimoto yang telah ia janjikan untuk dinikahi meninggal di depan matanya dalam kecelakaan lalu lintas. Sejak itu, Okkotsu dirasuki oleh Rika yang telah berubah menjadi roh terkutuk dan menderita karena orang-orang di sekitar dirinya terluka karena amukannya. Sementara itu, dibimbing oleh Satoru Gojo, penyihir terkuat dan guru di Tokyo Metropolitan Curse Technical School, sebuah lembaga pendidikan yang melatih penyihir yang dapat mengusir roh terkutuk, Okkotsu memutuskan untuk pindah ke sekolah tersebut dan bertekad untuk mematahkan kutukan Rika dengan tangannya sendiri.